Senin, 27 April 2015

MANGGA MUDA, TERNYATA BANYAK KHASIATNYA


Mangga muda merupakan salah satu buah yang menjadi favorit wanita yang sedang dalam keadaan hamil. Tidak sedang ngidam pun, tetap banyak yang suka ya..hehe..

Namun, tahukah Anda di balik rasanya yang asem, ternyata tersimpan manfaat yang baik bagi tubuh kita? Inilah beberapa di antara khasiat mangga muda bagi kesehatan tubuh kita yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber:
1.   Dapat menangkal radikal bebas
Buah mangga muda memiliki kandungan senyawa yang bersifat antioksidan, senyawa ini dapat melindungi sel tubuh dari serangan radikal bebas. Selain itu, kandungan serat di dalam buah mangga muda dapat membantu dalam melarutkan makanan. Kandungan serat yang dimiliki buah mangga terdiri dari 2 bagian yaitu serat pangan larut yang disebut dengan pectin dan serat pangan tidak larut yang disebut dengan selulosa.

2.   Kaya akan vitamin C
Mangga muda kaya akan vitamin C yang dapat memenuhi kebutuhan kalsium Anda sehingga membuat tulang menjadi lebih kuat. Selain itu vitamin C dapat membantu tubuh melawan peradangan dan bermanfaat untuk memproduksi sel-sel darah baru.

3.   Meningkatkan daya tahan tubuh
Mangga muda akan meningkatkan imunitas tubuh terhadap gangguan berbagai macam penyakit seperti TBC, anemia, kolera, diare, hingga kanker.

4.   Dapat membantu dalam menurunkan berat badan
Serat pangan larut yang terdapat di dalam kandungan buah mangga mampu memberikan rasa kenyang cukup lama sehingga dapat membantu dalam menurunkan berat badan.

5.   Dapat melancarkan saluran pencernaan
Kandungan pectin yang terdapat pada buah mangga dapat bermanfaat untuk memperlambat pencernaan di dalam usus dan dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, sedangkan selulosanya mampu mempercepat waktu transit makanan di dalam usus. Selain itu juga mampu meningkatkan volume feses dan juga dapat melancarkan buang air besar, hal ini mampu mencegah terjadinya kanker usus besar di dalam pencernaan.

6.   Baik untuk kesehatan hati
Kandungan zat besi yang ada di dalam mangga muda mampu membuat hati Anda tetap sehat. Selain itu dapat membersihkan usus dari infeksi bakteri.

Nah, mangga muda dapat menjadi alternatif makanan sehat bagi Anda. Namun, harus tetap mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar. Semoga bermanfaat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar