Selasa, 14 April 2015

MANFAAT SAWO KECIK BAGI KESEHATAN TUBUH KITA


Pernah mendengar nama buah sawo kecik? Tampilan buah ini agak berbeda dengan bentuk sawo pada umumnya yang berwarna cokelat. Ukuran buah sawo kecik pun lebih kecil dan lonjong daripada sawo jenis lain. Sawo mungil ini memiliki rasa yang tak jauh berbeda dengan jenis sawo lain, manis dan kadang sedikit “sepet”.

Warna kulitnya merah cerah, terkadang merah tua untuk sawo yang sudah matang. Sedangkan jika masih muda dan belum matang warnanya oranye. Kulit sawo kecik sangat tipis sehingga sangat mudah terkelupas.

Kini, pohon sawo kecik mulai sulit untuk ditemui. Meskipun sebenarnya pohon ini mudah tumbuh di tanah yang kurang subur.

Banyak yang tidak mengetahui manfaat sawo kecik untuk tubuh. Pada kesempatan kali ini akan saya bagikan informasi mengenai manfaat buah sawo kecik, yang dirangkum dari berbagai sumber di Google Semoga artikel singkat ini bermanfaat bagi Anda, cekidot :-)
1.     Dapat menghaluskan kulit
Buah sawo kecik untuk perawatan kulit agar tampak lebih halus dan lembut, karena buah sawo mengandung vitamin E dan nutirisi lainnya yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Selain itu, cara ini juga dapat bermanfaat untuk mencegah jerawat, melindungi kulit dari sinar UVdan masalah kulit lainnya.

Caranya yaitu :
Haluskan buah sawo kecik, lalu buang bijinya dan maskerkan keseluruh kulit wajah atau kulit lainnya. Setelah itu diamkan selama 15 menit dan bersihkan dengan air dingin. Lakukan perawatan ini secara rutin 2 kali seminggu, rasakan hasilnya dalam waktu 2 minggu pemakaian.

2.     Konon, sawo kecik telah lama dipercaya dapat menghilangkan bau badan.
Dengan mengkonsumsi buah sawo kecik secara teratur, berkhasiat untuk mengilangkan bau badan, sehingga tubuh kita akan mengeluarkan aroma wangi dan bahkan keringat, nafas serta air seni kita pun akan ikut wangi. Maka dari itu, para putri-putri keraton di Solo dan Jogjakarta sangat menggemari buah sawo kecik ini. Tidak heran jika kita akan menemukan banyak pohon sawo kecik di keraton yang berada di Solo atau Yogyakarta.

3.     Menurunkan kadar kolesterol
Buah sawo kecik juga sangat berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, sehingga buah sawo kecik banyak di cari dan dijadikan obat alami yang sangat berkhasiat.

4.     Melancarkan buang air besar
Kandungan serat yang terkandung di dalam buah sawo kecik, sangat berkhasiat dalam mengatasi masalah susah buang air besar. Hal ini dikarenakan buah sawo kecik dapat membantu usus dalam mencerna makanan yang susah dicerna, sehingga buang air besar menjadi lancar.

5.     Dapat menurunkan tekanan darah tinggi
Walaupun buah sawo kecik mengandung rasa manis, namun aman jika dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi. Bahkan sebagian orang mempercayai jika buah sawo kecik sangat ampuh dalam menurunkan tekanan darah tinggi dan sekaligus mencegah terkena resiko stroke.

2 komentar:

  1. yuuuk, budidaya sawo kecik ini...
    bagi yang masih bingung mendapatkan bibit unggulnya,
    silahkan bisa dapatkan hanya di sini

    warung bibit

    BalasHapus