Selasa, 14 April 2015

MANFAAT JAMBU MEDE/MENTE/MONYET BAGI KESEHATAN


Jambu mede bukanlah buah yang asing, meskipun yang paling sering kita jumpai adalah medenya. Jambu yang rasanya sangat asam itu sebenarnya bukanlah buah, melainkan tangkai buah yang membesar. Buah jambu yang sebenarnya adalah yang biasa disebut mede (mente), yaitu buah batu yang berbentuk seperti ginjal dengan kulit keras dan bijinya yang berkeping dua, terbalut kulit yang mengandung getah.

Jambu mede (Anacardium occidentale) antara lain mengandung senyawa kimia seperti Tanim, anacardic acid dan cardol, yang bermanfaat sebagai antibakteri dan antiseptik. Ternyata tidak hanya buahnya yang berguna, namun juga kulit pohonnya punya khasiat untuk kesehatan.

Inilah beberapa khasiatnya, yang dirangkum dari berbagai sumber, yang mungkin jarang kita ketahui:
1.     Mengatasi Sembelit
Cuci 10 g kulit kayu jambu mede sampai bersih, lalu rebus dalam 2 gelas air (selama 20 menit). Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum, sehari 2 kali (sama banyak).

2.     Kencing manis (Diabetes Mellitus)
Cuci 15 g kulit jambu mede sampai bersih, lalu potong-potong seperlunya. Rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa satu gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum, sehari 2 kali masing-masing ½ gelas.

3.     Radang tenggorokan
Cuci 5 buah jambu mede sampai bersih, lalu parut. Tambahkan 4 sendok makan air masak dan 2 sendok makan madu sambil diaduk rata. Peras ramuan tersebut, lalu saring. Gunakan air saringannya untuk berkumur (langsung ditelan), sehari 3 kali, masing-masing 2 sendok makan.

4.     Mengobati Sariawan
Cuci segenggam daun muda dan sepotong kulit kayu jambu mede sampai bersih, lalu rebus dalam 1 liter air sampai mendidih selama 15 menit. Setelah dingin, saring dan air saringannya untuk diminum. Pengobatan dilakukan sehari 2-3 kali, masing-masing 1 gelas. Air rebusannya tersebut juga dapat digunakan untuk berkumur –kumur.

5.     Mengobati Rematik dan tekanan darah tinggi
Iris-iris segenggam daun jambu mede ,muda, lalu rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum, sehari 2 kali, masing-masing ½ gelas.

6.     Digigit ular berbisa
Gongseng/sangan beberapa buah mede sampai kulit luarnya menguning untuk menghilangkan racun yang dapat menimbulkan iritasi kulit. Setelah kuning, keluarkan bijinya. Jemur sampai kering, lalu giling sampai halus. Gunakan ramuan ini untuk menabur luka akibat gigitan ular beracun.

7.     Sakit gigi dan radang gusi
Gongseng 5 butir kacang mede kering sampai kuning, lalu giling menjadi serbuk. Ambil 1 sendok teh serbuk tersebut, lalu tambahkan ¼ sendok teh madu. Aduk sampai rata, lalu bubuhkan pada gigi yang berlubang atau sekitar gusi yang meradang.

Semoga bermanfaat bagi Anda..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar