Rabu, 22 April 2015

KHASIAT KEMBANG SEPATU


Tanaman ini biasanya digunakan sebagai penghias halaman rumah kita. Namun apakah Anda tahu, bahwa ternyata terkandung manfaat di balik keindahan bunganya?

Manfaat dan fungsi bunga sepatu sebagai obat herbal dapat diperoleh karena bunga sepatu mengandung berbagai senyawa seperti flavonoida, cyanidin diglucosid, taraxeryl acetat, saponin, polifenol, tanin, saponin, hibisetin, Ca-oksalat, dan peroxidase. Senyawa-senyawa ini dapat membantu melemahkan berbagai jenis organisme penyebab penyakit tertentu. (Wikipedia, 2014)

Inilah beberapa khasiatnya bagi kesehatan kita, yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber di Google:

  1. Sebagai obat sariawan
    Siapkan 30 gram daun kembang sepatu, cuci sampai bersih. Lalu seduh dengan air panas 100 mil selama kurang lebih 15 menit, lalu dinginkan. Saring, ambil airnya dan minum air ramuan tersebut tiga kali sehari dengan dosis yang sama.

  1. Memperlancar haid
    Siapkan 3 kuntum kembang sepatu yang masih segar, cuci sampai bersih. Giling sampai lumat, tambahkan 150 mil air matang dan cuka beras putih secukupnya. Aduk sampai rata, lalu saring dan ambil airnya. Minum air ramuan tersebut tiga kali sehari sekali minum 100 mil.

  1. Obat gondongan
    Siapkan 30 gram kembang sepatu yang masih segar. Setelah dicuci, rebus ramuan tersebut dengan volume air 400 mil sampai airnya berkurang menjadi 200 mil. Saring, ambil airnya. Minum air ramuan tersebut tiga kali sehari dengan ukuran yang sama.

  1. Mengobati jerawat
    Rendam 3 kuntum bunga sepatu yang sudah diiris kecil-kecil ke dalam segelas air selama 1 malam. Campurkan sedikit madu ke dalamnya, lalu gunakan sebagai obat pencuci muka yang berjerawat. Lakukan ini setiap bangun tidur.

  1. Untuk batuk berlendir dan berdarah
    Siapkan 2 kuntum kembang sepatu yang masih segar, cuci dan remas-remas, seduh dengan air panas 400 mil. Tutup dan biarkan selama semalaman. Saring, ambil airnya pada esok harinya. Tambahkan dengan madu lebah secukupnya
    Minum air ramuan tersebut pada pagi hari sebelum makan.

  1. Mengobati kencing nanah
    Rebus 5 kuntum bunga sepatu dan 15 gram daun sambiloto dalam 2 gelas air, biarkan hingga air yang tersisa tinggal 1 gelas. Kemudian saring dan biarkan hingga hangat untuk langsung dapat diminum. Agar terasa manis, air rebusan dapat ditambah madu secukupnya.

Semoga artikel singkat ini bermanfaat bagi Anda. Terima kasih sudah mampir membaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar