Rabu, 22 April 2015

KHASIAT DAUN TAPAK DARA BAGI KESEHATAN


Anda mungkin sudah tidak asing dengan tanaman ini, tapi mungkin tidak tahu namanya. Tapak dara (Catharanthus roseus L) adalah tanaman yang rendah, yaitu sekitar 120 cm untuk ukuran yang paling tinggi. Daun tapak dara tersusun secara berhadapan, dan warna daunnya hijau tebal mengkilap berbentuk bulat telur. Tapak dara memiliki bunga yang muncul di ujung tangkainya atau disetiap ketiak daunnya. Bunga biasanya berwarna merah ke unguan dan ada juga yang berwarna putih.

Khasiatnya tidak lepas dari zat kimia yang dikandungnya yaitu ada sekitar 70 alkanoid dalam akarnya, batangnya dan bijinya, 28 bi-indole alkalaoid dan terdapat juga alkanoid anti kanker dan penurun gula darah. Berikut ini beberapa khasiat daun tapak dara untuk kesehatan, yang disarikan dari berbagai sumber di Google:



  1. Kencing Manis (Diabetes Mellitus)
    Untuk mengobati diabetes mellitus alias kencing manis, Anda dapat merebus 15 lembar daun yang dicampur 3 gelas sampai tersisa segelas saja. Sesudah itu dinginkan dan diminum sehari sekali.



  1. Disentri dan Radang Perut
    Rebuslah 30 gram daun menggunakan 3 gelas air. Setelah itu minum 2 kali sehari dengan dicampur gula kelapa.



  1. Luka Bakar
    Siapkan beberapa helai daun kemudian di cuci sampai bersih. Tumbuklah daun tersebut dengan beras sampai menjadi seperti bubur. Setelah itu tinggal tempelkan pada bagian tubuh yang terkena luka bakar.



  1. Demam
    Rebuslah segenggam daun, 3 potong akar dan batang tapak dara menggunakan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Tambahkan juga gula kelapa, setelah itu dapat diminum 2 kali sehari.



  1. Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)
    Jika ingin mengatasi tekanan darah tinggi, dapat merebus 20 gram daun yang kering, ditambah 10 gram bunga krisan menggunakan 3 gelas air sampai mendidih. Sesudah itu disaring dan diminum sehari sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar