Selasa, 21 April 2015

DI BALIK HIJAUNYA DAUN KENIKIR

Mendengar daun kenikir, saya kira sudah tidak asing lagi bagi Anda. Biasanya daun kenikir ini dibuat sebagai lalapan dengan cara direbus dan disajikan bersama sambel pecel. Orang Melayu menyebut kenikir sebagai ulam raja, yang kira-kira artinya adalah king of salad (rajanya salad).

Memang awalnya kenikir digunakan dalam menu makanan asli Melayu, namun sekarang sudah termasuk ke dalam kelompok makanan yang digemari oleh mayoritas masyarakat Malaysia. Bahkan, orang asing yang berkunjung ke sana pun tidak segan untuk mencoba salad yang menggunakan daun kenikir dalam campuran dengan sayur lain.

Masyarakat Jawa Tengah pada umumnya banyak menggunakan daun kenikir dalam campuran bahan masakan tradisional Jawa, yaitu urap dan pecel. Penggunaan itu bersifat turun temurun, dan berlanjut karena rasanya yang memang spesifik dan relatif dapat diterima orang pada umumnya. Jumlah yang digunakan memang tidak pernah banyak, karena memang demikianlah kebiasaan yang berlaku.

Ternyata, manfaat daun kenikir ini tidak hanya dijadikan teman makan saja, namun berkhasiat juga untuk mengobati berbagai penyakit dalam tubuh. Senyawa yang terdapat pada daun kenikir ini sangat baik untuk kesehatan tubuh. Dengan mengkonsumsi daun kenikir ini akan membantu menambah nafsu makan, menguatkan jantung, dan bisa juga digunakan untuk mengusir serangga. Inilah beberapa manfaat daun kenikir untuk kesehatan tubuh, yang dirangkum dari berbagai sumber di Google:
1.  Mengatasi lemah jantung
Manfaat daun kenikir yang selanjutnya yaitu dapat juga berkhasiat untuk mengatasi lemah jantung. Anda tidak perlu mengkonsumsi obat-obatan yang membuat anda menjadi ketergantungan dengan obat tersebut. Cukup dengan menggunakan daun kenikir ini anda dapat mengatasi lemah jantung tersebut. Cara penggunaannya yaitu bisa diolah menjadi lalapan mentah maupun masak, atau anda dapat merebus daun kenikis dengan tiga gelas air dan biarkan sampai tersisa menjadi dua gelas, kemudian minumlah air rebusan daun kenikir.
2.  Meningkatkan nafsu makan
Manfaat daun kenikir ini dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan. Cara mengkonsumsinya anda ambil 100 gram daun kenikir yang masih segar dan bersihkan dengan menggunakan air. Kemudian anda dapat mengkonsumsi langsung daun kenikir ini untuk dijadikan lalapan mentah.
3.  Menghilangkan bau mulut
Mengkonsumsi daun kenikir secara rutin, dipercaya akan menghilangkan bau nafas yang tidak sedap.
4.  Mencegah penuaan dini
Manfaat daun kenikir ini tidak hanya untuk kesehatan tubuh saja, namun dipercaya berkhasiat juga untuk menjaga kecantikan kulit wajah, diantaranya untuk mencegah penuaan dini. Oleh karena itu, mengkonsumsi daun kenikir ini sangat baik untuk tubuh.
5.  Untuk mengusir serangga
Selain dapat dijadikan sebagai obat, daun kenikir juga dapat bermanfaat untuk mengusir serangga. Ambil beberapa helai daun kenikir lalu tumbuk sampai benar-benar halus, kemudian simpanlah ditempat yang biasa dilalui oleh serangga.

Demikianlah beberapa manfaat daun kenikir, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar