Selasa, 21 April 2015

PETAI CINA ALIAS LAMTORO, SI KECIL YANG BERMANFAAT


Petai cina (Leucaena leucocephala) adalah tumbuhan yang memiliki batang pohon keras dan berukuran tidak besar. Daunnya majemuk terurai dalam tangkai berbilah ganda. Bunganya yang berjambul warna putih sering disebut cengkaruk. Buahnya mirip dengan buah petai (Parkia speciosa) tetapi ukurannya jauh lebih kecil dan berpenampang lebih tipis, termasuk buah polong, berisi biji-bibji kecil yang jumlahnya cukup banyak.

Petai cina kalau di daerah jawa tengah sering diolah menjadi makanan yang namanya botok, botok merupakan salah satu masakan tradisional favorit. Jaman dulu, tiap ada kondangan biasanya selalu di hidangkan. Petai cina bukan berasal dari indonesia melainkan dari daerah tropis Amerika.Tanaman lamtoro bisa berfungsi sebagai tanaman pengikat nitrogen, selain itu dalam buahmya, juga terkandung beberapa zat penting di antaranya protein, kalori, hidrat arang, kalsium, fosfor, vitamin A, B1, C dan zat besi.

Karena kandungan tersebut, petai cina juga sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Berikut beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan darinya, yang dirangkum dari berbagai sumber di Google:
1.  Mengobati Cacingan
Caranya : Tumbuk biji petai cina yang sudah tua dan telah di keringkan secukupnya hingga halus, kemudian ambil 5 gram bubuknya dan seduh dengan 100 cc air panas dan minum selagi hangat.
2.  Mengobati Luka kecil akibat tertusuk potongan kecil bambu, kayu, duri dll.
Caranya : Haluskan daun petai cina secukupnya, kemudian tempelkan pada bagian yang luka. Diamkan dan ganti dengan yang baru setelah beberapa saat.
3.  Mengobati Disentri
Caranya : Rebus 15 g biji petai cina, 30 g krokot dengan 400 cc air hingga tersisa setengahnya. Kemudian setelah dingin saring dan minum airnya.
4.  Meningkatkan Gairah Seksualitas
Caranya : Rebus 5 g bubuk petai cina (caranya bikin bubuknya seperti mengobati cacingan ), 5 g merica bubuk dengan 200 cc air hingga tersisa setengahnya. Kemudian tambahkan 2 butir kuning telur ayam kampung dan 1 sendok makan madu. Aduk hingga rata dan minum.
5.  Mengobati Diabetes
Caranya : Sangrai biji petai cina yang sudah tua dan kering secukupnya, kemudian ambil satu sendok makan dan campur dengan satu gelas air panas. Kemudian minum airnya satu gelas setiap hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar