Selasa, 21 April 2015

APA SAJA MANFAAT DAUN KEMANGI?


Jika Anda sering makan di kedai pecel ayam/lele, daun kemangi merupakan lalapan wajib yang sering disandingkan dengan kol, potongan Mentimun, dan sambal tentunya. Dalam kehidupan sehari-hari, daun kemangi banyak dimanfaatkan untuk bumbu masakan seperti campuran pepes, bahan membuat karedok, dan lalapan.

Daun kemangi memang memiliki bau yang khas dan banyak disukai banyak orang. Namun, rupanya belum banyak yang mengetahui kalau dibalik baunya yang khas ini, kemangi memiliki sejumlah manfaat dan khasiat untuk kesehatan. Penasaran apa saja manfaatnya?

Kandungan senyawa yang ada di dalam kemangi sangat bermanfaat untuk tubuh, misalnya kandungan arginin, yang dapat digunakan untuk menurunkan kadar gula di dalam darah dan memperpanjang masa hidup sperma sehingga dapat mencegah kemandulan pada pria.

Kemangi juga mengandung zat aktif yang berperan dalam merangsang produksi hormon estrogen dan androgen. Kemudian, kandungan lainnya ialah vicenin dan orientin yang berperan dalam perlindungan sel tubuh.

Senyawa lainnya yang juga bermanfaat sebagai anti-peradangan dan antibiotik alami ialah cineole, eugenol, dan myrcene. Selain itu, juga kaya akan magnesium dan betakaroten yang berfungsi dalam pemeliharaan kesehatan jantung. Zat berguna lainnya yang dapat ditemukan berupa protein, fosfor, besi, belerang, dan juga minyak atsiri.

Berikut ini beberapa khasiat daun kemangi untuk pengobatan beberapa macam penyakit:
1.  Mengatasi Panu
Bagi Anda yang memiliki masalah dengan penyakit kulit seperti panu yang membandel, tidak perlu pusing lagi karena daun kemangi juga memiliki manfaat untuk menyembuhkannya.
2.  Caranya dengan menumbuk segenggam daun kemangi yang telah dicuci bersih sampai halus. Berilah air kapur sirih secukupnya. Setelah itu, gosokkan ramuan tersebut pada kulit yang terdapat panunya. Anda bisa melakukannya sebanyak 2 kali dalam sehari.
3.  Sariawan dan Diare
Sederhana sekali, yakni dengan mengunyah daun kemangi yang sudah dicuci bersih selama lebih kurang 3 menit. Kemudian, minumlah dengan air hangat. Anda bisa melakukan hal tersebut sebanyak 3 kali dalam sehari. Mengkonsumsi daun kemangi sebagai lalapan secara rutin, juga diketahui bermanfaat untuk mengobati penyakit diare dan muntah darah.
4.  Mengurangi Bau Keringat
Keringat Anda bau? Cobalah menyantap daun kemangi sebagai lalapan selama satu minggu secara secara teratur dan rasakan khasiatnya!

Itulah beberapa manfaat daun yang sering kita jadikan lalapan, namun jarang kita ketahui khasiatnya bagi kesehatan tubuh kita. Semoga artikel singkat ini bermanfaat bagi Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar