Selasa, 21 April 2015

MANFAAT DI BALIK BUAH PINANG


Anda sudah pernah mengenal dan melihat pohon pinang ? Tanaman ini tumbuh di daerah yang mempunyai iklim tropis. Di Indonesia kita bisa menjumpai tanaman pinang di daerah Maluku, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan serta Jawa. Dengan sebutan yang berbeda, misalnya di Jawa tanaman pinang disebut pohon jambe, wohan, atau penang.

Ciri dari tanaman pinang sendiri pohon tegak tidak bercabang, batang tinggi langsing seperti pohon kelapa dan daun lepas. Bentuk daun pinang roset batang dan pelepah daun bentuknya tabung.

Ternyata buah pinang dan bagian pohonnya, bisa dimanfaatkan sebagai bahan obat tradisional yang telah lama digunakan nenek moyang kita secara turun temurun. Inilah beberapa khasiat buah pinang yang saya rangkum dari berbagai sumber di Google:
1.  Mengobati sakit cacingan pada anak.
Cara mengobati sakit cacingan pada anak anda, rebus dahulu buah pinang, setelah direbus anda saring sebelum diminum. Mudahkan caranya mengobati sakit cacingan. Eit, jangan lupa minum setiap hari secara teratur. Biar cepat sembuh dan terasa khasiatnya buah pinang.
2.  Mengobati sakit haid.
Menjadi alternatif mengobati sakit haid pada pada wanita dengan darah yang berlebihan. Caranya biji pinang direbus, setelah itu diminum setiap hari secara teratur.
3.  Obat alternatif untuk para kaum hawa pasca melahirkan.
Kalau yang ini pastinya banyak dicari oleh ibu – ibu rumah tangga yang baru melahirkan dan tubuhnya melebar. Yang menjadi tidak pede dan kurang nyaman kalau ketemu dengan orang lain. Disini bisa diatasi dengan buah pinang, dengan cara direbus dan diambil sari buah pinang lalu diminum setiap hari. Meminum sari buah pinang secara teratur akan terasa perbedaannya.
4.  Meningkatkan vitalitas laki-laki.
Caranya adalah buah pinang dicampur dengan telur secukupnya lalu di jus. Setelah itu diminum setiap hari, pasti akan terasa beda saat anda sebelum rutin minum jus buah pinang yang dicampur telur.
5.  Mengobati luka luar.
Kegunaan buah pinang dapat menjadi obat luka luar, dengan cara pertama anda [ilih buah pinang yang masih muda,lalu dilembutkan terlebih dahulu. Setelah itu oleskan pada bagian yang terluka.
6.  Mengobati penyakit rabun mata.
Buah pinang bisa mengurangi sakit rabun mata secara alami, dengan cara memakan secara teratur setiap hari pada orang tua.
7.  Meningkatkan nafsu makan pada anak.
Daripada anda beli obat untuk menambah nafsu makan anak, yang kemungkinan obat yang anda beli berisiko pada kesehatannya. Daun pinang menjadi salah satu alternatif secara alami untuk meningkatkan nafsu makan anak anda. Dengan cara daun pinang direbus dulu, setelah itu air dari rebusan daun pinang di minum secara rutin pada anak anda.
8.  Mengobati diare dan disentri.
Mengobati diare dan disentri dengan cara memilih buah pinang yang muda, terus direbus dengan air secukupnya. Setelah itu diminum secara teratur.

Semoga artikel singkat ini bermanfaat bagi Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar