Rabu, 22 April 2015

WASPADAI MAKANAN YANG DIPANGGANG/BAKAR


Tentunya banyak yang suka makanan yang dipanggang/dibakar ya. Aromanya itu lho… apalagi sampai agak gosong-gosong dikit..hmmmm..Namun, mungkin Anda akan berubah pikiran setelah membaca artikel ini.

Menurut beberapa ahli, makanan yang dipanggang dapat memicu timbulnya kanker, terutama kanker pangkreas. Salah satu penyebabnya adalah adanya dua zat yang terdapat dalam daging atau makanan yang dipanggang. Yang pertama adalah zat carcinogen, dan yang kedua adalah heterocylic amines (HCAs) yang muncul saat protein dibakar pada suhu tinggi.

Zat Polycylic aromatic hydrocarbon (PAHs) membuat asap saat lemak jatuh pada api di pemanggang. "Saat asap bersirkulasi di antara daging, zat tersebut dapat mengendap pada apapun yang Anda panggang dan makan," demikian jelas Colleen Doyle, MS,RD direktur dari nutrition and psysical activity The American Cencer Society (ACS), sebagaimana dikutip oleh Huffingtonpost.com.

Namun jangan khawatir, ada cara untuk membuat makanan yang Anda panggang lebih sehat, seperti di bawah ini:
 

1.   Memasak lebih dulu sebelum dipanggang, sehingga lamanya waktu di panggangan lebih pendek. Contohnya ayam yang akan dibakar bisa direbus dengan bumbu lebih dulu hingga setengah matang, dan dimatangkan dengan dipanggang.
2.   Potonglah daging lebih tipis, dan pastikan dengan sedikit lemak sehingga semakin sedikit minyak lemak yang menetes ke panggangan. Ikan dan ayam juga lebih sedikit mengandung asam amino yang memproduksi HCA, selain itu pastikan mengupas kulit ayam yang dipanggang untuk mengurangi resiko.
3.   Merendam dengan bumbu ayam dan daging atau apapun yang Anda akan panggang dapat mengurangi resiko, karena dapat menurunkan kadar heterocyclic amines, demikian rilis yang dibuat oleh Harvard Health Letter.
4.   Lebih seringlah membolak-balik daging atau makanan yang Anda panggang.
5.   Jika Anda membakar makanan dalam bentuk sate atau tusukan baik itu daging atau udang sisipkanlah sayuran. Bisa berupa paprika, nanas, jagung, tomat atau sayuran lain favorit Anda dan keluarga. Rasa sayuran yang dibakar pun juga menjadi lebih lezat.
6.   Menurut Denise Snyder, peneliti nutrisi asal Duke School of Nursing, Amerika Serikat, sangat disarankan juga untuk tidak membakar daging olahan seperti sosis, bakso, atau ham. Karena daging olahan yang dibakar itu diyakini juga bisa meningkatkan risiko kanker.
Untunglah tidak setiap hari kita makan makanan yang dipanggang ya, namun jika kita memang ingin makan makanan yang dipanggang, bisa dilakukan dengan cara yang sehat. Pastikan juga alat panggangan Anda bersih dari arang-arang sebelum digunakan, selain menjaga kebersihan, juga mengurangi resiko arang yang masuk ke tubuh kita. Semoga artikel singkat ini bermanfaat untuk Anda.

Disarikan dari berbagai sumber di Google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar