Jumat, 24 April 2015

KHASIAT DAUN SUKUN UNTUK KESEHATAN KITA


Kita mungkin sudah tidak asing dengan buah sukun, namun mungkin jarang yang mengetahui khasiat dari daunnya. Ya, daun sukun ternyata mempunyai khasiat yang telah lama digunakan sebagai obat alternatif.

Mengapa daun sukun dikatakan bermanfaat bagi tubuh kita? Banyak sumber dalam bidang kesehatan menjelaskan bahwa daun sukun memiliki kandungan nutrisi yang berkhasiat untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Kandungan nutrisi yang dimaksud adalah Asam Hidrosianat, Aseticolin, tannin, riboflavin.

Untuk itu, pilih daun yang masih bagus, yaitu daun yang masih menempel di dahan dan yang sudah tua. Cirinya adalah daun berwarna hijau tua. Karena kadar kandungan kimia pada daun yang tua lebih maksimal.
1.   Penyakit ginjal
Daun dicuci bersih dan dirajang. Hasil rajangan sebanyak tiga helai dijemur hingga kering, lalu direbus dalam 2 liter air sampai tinggal separuh.Kemudian ditambah lagi seliter air lalu direbus kembali sampai mendidih. Kemudian ramuan di angkat dan disaring. Air rebusan yang sudah jadi warna nya merah seperti air teh dan pahit. Air rebusan yang dibuat, harus dihabiskan hari itu juga, tidak disisakan untuk esok hari. Hindari pemakaian panci alumunium untuk merebus. Gunakan panci yang terbuat dari Stainless Steel, karena dikhawatirkan alumunium akan terpengaruh kandungan kimia daun sukun. Paling baik sebenarnya menggunakan periuk dari tanah.

       Minum setiap hari secara rutin, khasiatnya memang tidak langsung bisa dirasakan, namun jika dikonsumsi secara rutin selama sebulan, baru akan dirasakan khasiatnya.

2.   Mengobati Sakit Jantung
Sediakan 1 lembar daun sukun yang sudah tua yang masih berada di pohon. Cuci hingga bersih kemudian dijemur hingga kering. Rebus dengan 5 gelas air, tunggu hingga mendidih dan airnya tinggal separuhya. Tambahkan kembali airnya hingga kembali menjadi 5 gelas kemudian disaring dan siap untuk diminum langsung. Konsumsi air rebusan daun sukun tersebut sebanyak 3 kali dalam 1 hari.

3.   Menurunkan Kadar Kolesterol
Sediakanlah segenggam daun sukun yang sudah kering, seduh daun sukun tersebut bersamaan dengan bangle. Saring air tersebut dan konsumsi air daun sukun tersebut setiap hari.

Semoga artikel singkat ini bermanfaat bagi Anda, terimakasih sudah mampir membaca.

Dirangkum dari berbagai sumber di Google.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar