Selasa, 21 April 2015

SI BAU PEMBAWA MANFAAT (DAUN SEMBUKAN/ENTUT-ENTUTAN)

Mungkin sebagian dari Anda tidak mengenal apa itu daun sembukan, tapi di pelosok-pelosok pedesaan tanaman ini cukup terkenal, karena daunnya diremas, baunya seperti kentut. Selain itu sering dimanfaatkan untuk dibuat botok, makanan khas orang Jawa yang rasanya cukup menggoda.

Tumbuhan ini dikenal dengan berbagai nama berbeda di berbagai daerah:
Sembukan, Entut-entutan (Jawa), Ji shi teng (China), Kahitutan (Sunda), Kasembukan (Madura), Gumi siki (Ternate), Daun kentut, Sembukan (Sumatera).

Sembukan ini merupakan jenis tanaman herba tahunan yang memiliki batang memanjat dengan panjang sekitar 3-5 meter. Tumbuh liar di lapangan terbuka, tebing-tebing sungai, semak belukar, dan terkadang juga dirambatkan di pagar-pagar rumah dan dapat tumbuh dengan baik di ketinggian 1 – 2100 meter di atas permukaan laut.

Panjang tangkainya sekitar 1-5 meter, daun tunggal, berbentuk bundar telur sampai lonjong atau lanset. Pangkal daunnya berbentuk jantung, tepinya rata, ujungnya runcing, tulang daunnya menyirip. Cara paling mudah memastikannya adalah dengan meremasnya, jika berbau khas seperti kentut, anda tidak salah.

Di bawah ini adalah beberapa khasiat daun sembukan untuk kesehatan, yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber di Google:
1.  Sakit lambung atau Maag
60 gram daun segar ditumbuk hingga menyerupai bubur, kemudian tambahkan secangkir air matang dan 1-2 sendok teh garam, aduklah secara merata. Lalu minum sebelum makan.
2.  Perut mulas karena masuk angin
25 lembar daun dibuat sayur atau dikukus untuk lalapan. Sedangkan untuk pengobatan dari luar, daun sembukan dilayukan di atas api kemudian ditempelkan pada bagian perut yang mulas.
3.  Cacar ular (Herpes Zooster)
Daun dicuci lalu ditumbuk sampai menjadi bubur, lalu tambahkan air sedikit dan garam, kemudian balurkan pada sekitar gelembung-gelembung kecil yang tampak di kulit.
4.  Gangguan pada mata
Daun secukupnya direbus dengan air sampai mendidih, dudukkan penderita di atas uapnya. Bila airnya sudah hangat, daun tersebut dibungkus dengan kain kemudian letakkan di atas mata yang sakit sebagai kompres sampai daun menjadi dingin.
5.  Mengobati Disentri
Caranya: Tumbuk sampai halus 15 - 60 g daun simbukan, tambahkan 1 cangkir air matang dan 1 sendok teh garam. saring dan minum airnya sebelum makan.
6.  Eksim
Batang dan daun segar secukupnya dicuci bersih lalu digiling halus, tempelkan pada bagian yang sakit.
7.  Mengatasi Nyeri Pada Luka
Caranya: Giling hingga halus batang dan daun segar secukupnya dan tempelkan pada tempat yang terasa nyeri.
8.  Melancarkan Kencing
Caranya: Rebus seluruh bagian tanaman sebanyak 15 - 60 g dengan air secukupnya, saring dan minum airnya.
9.  Mengobati Rematik
Caranya : Ambil seluruh bagian tanaman sebanyak 15 - 60 g, kemudian rebus dengan air secukupnya, saring dan minum airnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar