Rabu, 22 April 2015

KHASIAT TANAMAN BINAHONG

Nama Latin tanaman binahong adalah Anredera Cordifolia. Tanaman ini mudah tumbuh di dataran rendah dan dataran tinggi. Tumbuh baik pada kondisi setengah teduh atau teduh. Jadi tidak perlu tekena sinar matahari berlebihan. Tanaman binahong tumbuhnya merambat, karena itu harus menyiapkan rambatannya. Sarana rambatan bisa bermacam-macam mulai dari lurus tegak hingga dibuat bertali-tali.

Dewasa ini mulai banyak yang menanam, di samping sebagai tanaman obat, juga tanaman hias daun. Bisa ditanam di dalam pot, halaman pekarangan atau pun di kebun. Mungkin banyak yang belum mengetahui khasiat tanaman ini untuk tubuh kita. Berikut ini beberapa manfaat daun binahong:

1.   Obat Kencing manis.
Daun binahong 11 lembar, air 3 gelas. Daun binahong dicuci lalu direbus sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas. Diminum 1 kali sehari.

2.   Obat Ambeien.
Daun Binahong sebanyak 16 lembar, air 3 gelas. Daun dicuci lalu direbus sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas. Airnya diminum 1 kali sehari.

3.   Obat Luka.
Ambil daun binahong beberapa lembar. Cuci sampai bersih, diremas-remas hingga menjadi lembut dan berlendir. Tempelkan pada bagian luka, setelah itu tunggu sebentar, maka lukanya akan menjadi kering.

4.   Untuk melancarkan haid.
Daun binahong 3 lembar, 2 gelas air. Setelah dicuci lalu direbus hingga mendidih sampai tinggal 1 gelas. Diminum 1 kali sehari.

5.   Obat Batuk.
Cuci 10 lembar daun binahong, lalu direbus sampai mendidih hingga tersisa 1 gelas. Diminum 1 kali sehari.

6.   Obat borok yang menahun.
Ambil daun binahong 12 lembar dan 3 gelas air. Cuci, lalu rebus sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas. Minum air rebusannya 1 kali sehari.

7.   Obat disentri.
Daun binahong 10 lembar dan 2 gelas air. Cuci, lalu direbus sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas. Diminum 1 kali sehari.

8.   Obat Gatal-gatal, eksim kulit.
Daun binahong 10-15 lembar plus 3 gelas air. Cuci lalu rebus sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas. Diminum 1 kali sehari.

9.   Obat darah rendah.
Daun binahong 8 lembar dan 2 gelas air. Cuci lalu direbus sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas. Diminum 1 kali sehari.

10.Obat Gusi berdarah.
Daun binahong 4 lembar, air 2 gelas. Daun dicuci lalu direbus sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas. Diminum 1 kali sehari.

11.Obat Hidung Mimisan.
Daun binahong 4 lembar, air 2 gelas. Cuci lalu direbus hingga mendidih sampai tinggal 1 gelas. Diminum 1 kali sehari.

12.Obat Sesak Nafas.
Daun binahong 7 lembar, 2 gelas air. Cuci lalu rebus sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas. Diminum 1 kali sehari.



Itulah beberapa resep ampuh dari daun binahong. Begitu banyak khasiatnya bukan.Tak ada salahnya menanam tanaman binahong ini di pekarangn rumah, siapa tahu suatu saat kita membutuhkannya. Formasi daun per lembar yang dipakai sangatlah penting, selain buat keamanan juga kemanjuran obat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar