Jumat, 24 April 2015

PERLANCAR SIKLUS HAID/MENSTRUASI DENGAN MAKANAN INI


Haid kadang datang lebih awal atau bahkan bisa terlambat dari waktu seharusnya. Tak sedikit pula wanita yang mengalami haidsetiap 2-3 bulan sekali. Siklus haidyang tidak lancar, bisa menjadi indikasi bahwa ada hal yang tidak beres dengan kesehatan tubuh dan reproduksi Anda.

Selain mengubah gaya hidup, tentunya Anda harus memperhatikan asupan makanan demi menghindari siklus haidyang tak teratur ini. Pilih makanan yang bisa membantu memperlancar siklus haidAnda.

Berikut adalah makanan sehat agar siklus haidteratur seperti dilansir dari laman Boldsky dan healthmeup.com.

1.   Tahu

2.   Daun parsley
Daun parsley telah sejak lama digunakan sebagai bahan alami untuk memperlancar siklus menstruasi. Minum air rebusan daun parsley secara rutin untuk membuat rahim berkontraksi sehingga siklus haid Anda akan lancar.

3.   Jahe
Jika siklus haidAnda sedang tidak lancar, cobalah untuk minum air jahe.

4.   Brokoli

5.   Seledri

6.   Pepaya

7.   Telur

8.   Ikan atau minyak ikan
Ikan kaya akan omega-3 yang baik untuk tubuh Anda. Omega-3 melindungi pembuluh darah di ovarium dari kerusakan yang dapat menunda haid. Makan ikan atau mengkonsumsi minyak ikan dapat memperlancar haid Anda.

9.   Kacang almond
Selain baik sebagai camilan sehat, makan kacang almond juga bermanfaat untuk menginduksi siklus haid Anda. Kandungan nutrisi tinggi di dalamnya bermanfaat untuk menyeimbangkan hormon di dalam tubuh.

10. Lidah buaya
Lidah buaya selain bermanfaat untuk menenangkan perut yang sakit, juga mampu memperlancar siklus haid serta mengurangi nyeri saat haid.

11. Biji wijen
Walaupun memiliki bentuk yang kecil, namun biji wijen dapat menghasilkan panas tubuh. Sehingga siklus haid Anda akan lancar.

12. Almond
Selain membantu memperlancar haid, serat dalam almond juga berfungsi membantu dan menyeimbangkan hormon dalam tubuh.

13. Sayuran hijau
Pastikan memasukkan sayuran hijau yang sehat dan bergizi dalam menu harian Anda. Bayam, asparagus, brokoli adalah contoh sayuran hijau yang membantu memperlancar siklus haid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar