Minggu, 26 April 2015

MUNGKIN, ADA YANG BELUM TAHU MANFAAT BUAH LABU BAGI KESEHATAN


Labu biasa dikenal masyarakat sebagai sayuran, selain itu juga bisa dihidangkan dengan berbagai macam olahan, atau direbus begitu saja. Manfaat dari labu lainnya yang sering diolah adalah bijinya, atau hasil olahannya disebut dengan kwaci labu.

Labu tidak hanya memiliki rasa yang enak. Namun buah yang kurang populer ini ternyata memiliki banyak nutrisi dan vitamin yang penting untuk kesehatan Anda.
Berikut adalah beberapa manfaat labu bagi kesehatan yang disarikan dari magforwomen dan berbagai sumber di Google.
1.   Menyehatkan pencernaan
Labu kaya akan serat yang dapat membantu menyehatkan pencernaan. Yang artinya dapat menghindarkan Anda dari masalah pencernaan seperti sembelit.

2.   Memperbaiki masalah pernapasan
Sebagai salah satu bahan makanan yang mengandung zat antioksidan, labu juga mampu untuk meredakan asma dan membantu Anda untuk memiliki pola pernapasan normal.

3.   Baik untuk kesehatan tulang
Kandungan kalsium di dalamnya baik untuk kesehatan tulang. Juga membantu untuk mengurangi rasa sakit pada tulang yang disebabkan oleh penyakit arthritis osteoporosis.

4.   Membangkitkan semangat
Labu baik untuk mengobati depresi karena benih labu kaya akan trytophan dan asam amino yang dapat meningkatkan mood Anda. Selain itu juga dapat meringankan rasa sakit di dalam tubuh.

5.   Mencegah kanker
Labu tinggi akan karotenoid dan seng yang dapat membantu tubuh untuk mencegah berbagai macam jenis penyakit kanker. Tingginya karotenoid dapat mengurangi resiko kanker prostat.

6.   Meningkatkan kekebalan tubuh
Karena kandungan vitamin C di dalamnya cukup tinggi, dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Labu juga dapat berfungsi untuk detoks di dalam tubuh.

7.   Baik untuk kesehatan jantung
Labu dapat mengatur kadar kolesterol karena kandungan pitosterolnya.

Namun, meskipun labu enak dan bergizi, jangan terlalu banyak juga jika mengkonsumsinya. Karena labu termasuk diuretik, yang memiliki sifat dapat membantu membilas racun dalam tubuh. Jika terlalu banyak makan labu dapat menyebabkan dehidrasi atau berlebihan buang air kecil. Kebanyakan asupan betakaroten dalam tubuh, juga bisa menyebabkan semburat warna kuning pada kulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar