Senin, 13 April 2015

MENGENAL KHASIAT TANAMAN JAMBLANG (DUWET) YANG JARANG DIKETAHUI


Saat ini di Indonesia, buah jamblang atau di daerah saya disebut duwet, tergolong ke dalam tumbuhan langka. Sekitar tahun 80an, tumbuhan ini sangat mudah dijumpai di sekitar rumah penduduk di pinggiran kota, terlebih lagi di pedesaan. Buahnya banyak dijajakan sebagai buah camilan yang banyak disukai anak-anak. Kurangnya pembudidayaan tumbuhan tersebut, merupakan salah satu faktor utama terkait dengan kelangkaannya.

Padahal, jamblang sebenarnya memiliki segudang manfaat. Hampir seluruh bagian tumbuhan tersebut telah diketahui kegunaannya. Berdasarkan beberapa penelitian, berikut ini manfaat jamblang:

  1. Bagian kulit kayu bermanfaat untuk mengobati diabetes.
    Cara 1: Ambil kulit kayu Jamblang 60 gram cuci bersih rebus dengan air 3 gelas sampai tersisa 1/5 gelas minum 2X sehari.

    Cara 2: ambil biji Jamblang 3 buah lalu tumbuk sampai halus rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas minum selagi hangat untuk 1X minum lakukan 2X sehari.

  1. Bagian kulit kayu juga bermanfaat untuk mengobati sariawan.
    Rebus kulit kayu atau daun secukupnya. Setelah dingin, gunakan untuk berkumur-kumur. Lakukan 3-4 kali dalam sehari.

  1. Buahnya dapat untuk obat batuk asma
    Sediakan buah jamblang kering (15g). masukkan ke dalam mangkuk, tambahkan air sampai seluruh buah terendam, lalu tim sampai matang. Setelah dingin, minum airnya dan makan buahnya sekaligus. Lakukan tiga kali sehari.

  1. Sebagai obat nyeri lambung
    Gongseng buah jamblang kering tanpa biji (30g) sampai berbau harum. Masukkan ke dalam mangkuk, tambahkan air secukupnya sampai semua bahan terendam, lalu tim sampai matang. Setelah dingin, makan seluruhnya. Lakukan tiga kali sehati, selama 10 hari.

  1. Akar pohonnya untuk mengobati Epilepsi
    Ambil Akar pohon jamblang 60 gram cuci bersih lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1/5 gelas minum 2x sehari lakukan secara rutin.

Demikianlah beberapa manfaat dari buah jamblang yang jarang kita ketahui, yang dirangkum dari berbagai sumber. Predikat tanaman obat ternyata patut disematkan pada jamblang. Selain sebagai tanaman obat, kayu pohon jamblang tergolong ke dalam jenis kayu yang istimewa karena sangat kuat dan tahan dari kerusakan yang diakibatkan oleh air dan rayap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar