Senin, 13 April 2015

MEMAKAN JAMBU BIJI, DENGAN ATAU TANPA BIJINYA?


Buah merupakan salah satu makanan yang kandungannya sangat dibutuhkan tubuh. Salah satu buah yang memiliki banyak manfaat adalah jambu biji. Namun anggapan bahwa biji di jambu tidak boleh tertelan menjadi pertanyaan bagi banyak orang. Apakah benar biji tersebut menyebabkan usus buntu.

Buah-buahan merupakan salah satu makanan yang sangat sehat untuk di konsumsi karena mengandung vitamin, mineral, dan juga gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu buah yang biasa kita makan dan mudah didapat adalah jambu biji, baik yang putih maupun merah.

Namun yang membuat kita khawatir adalah ketika ada anggapan bahwa biji yang ada di jambu tersebut tidak boleh kita makan. Ini dikarenakan akan berpengaruh terhadap kesehatan kita yaitu kita dapat terkena usus buntu.

Jaman dulu, orang tua sering melarang anaknya untuk memakan biji jambu, agar tidak terkena usus buntu. Namun pernyataan dari para orang tua sebenarnya tidak sepenuhnya salah, hanya saja kurang tepat. Biji-biji dari buah yang tidak dapat kita cerna akan masuk ke saluran appendiks dan tempat itu akan dijadikan media berkembang biak bagi bakteri. Dan hal tersebut akan menjadikan usus kita menjadi infeksi bahkan radang usus buntu, namun dari keterangan tersebut kemungkinan hanya kecil sekali.

Para dokter ahli di dunia kesehatan pun beranggapan bahwa penyebab sakit usus buntu bukanlah dari biji-bijian jambu yang kita makan. Para dokter menegaskan bahwa penyakit usus buntu itu disebabkan kurangnya tubuh kita mendapat asupan air minum.

Pada dasarnya ketika kita dalam kondisi kurang air minum, maka akan berdampak pada BAB (Buang Air Besar) kita. Frekuensi kita dalam BAB akan menurun, sedangkan makanan yang kita konsumsi sebelumnya, sudah menjadi sampah dan siap dibuang, namun mampet atau terhambat di dalam usus.

Dalam kejadian yang seperti itu, pada akhirnya kotoran akan naik dan masuk ke usus buntu. Karena berupa kotoran dan telah atau akan membusuk, jadilah usus kita infeksi. Saat usus kita infeksi maka darah putih dalam tubuh akan naik, jadi jangan heran kalau kita terkena usus buntu dan saat cek darah leukosit meningkat tajam.

So, jangan takut lagi ya, makan jambu biji beserta bijinya. Asalkan tetap minum air putih yang cukup setiap harinya. Semoga artikel singkat ini bermanfaat bagi Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar