Selasa, 14 April 2015

MANFAAT RUMPUT TEKI UNTUK KESEHATAN


Tanaman ini termasuk dalam familia Cyperacceae dengan nama latin Cyperus rotundus. Rumput ini merupakan rumput yang paling mudah dijumpai. Termasuk tanaman gulma pengganggu tanaman pertanian, tergolong bandel dan susah diberantas. Rumput ini mempunya umbi dan akar yang panjang yang membuatnya mampu tumbuh lagi meski pun batangnya sudah kering dibagian atasnya. Banyak orang jengkel dengan rumput teki ini karena mengganggu keindahan tamannya.
 
Tapi jangan salah ya dibalik bandelnya dan sangat menggangu tetapi rumput ini memiliki manfaat untuk kesehatan. Bagian dari rumput teki yang bisa digunakan sebagai obat adalah umbinya yang mengandung senyawa aktif yaitu Alkaloid, Flavonoid, Sineol, Pinen, Siperon, Rotunal, Siperenon dan dan banyak lagi senyawa lain. Sebenarnya rumput teki telah lama digunakan sebagai obat khususnya gangguan kesehatan penyakit-penyakit kewanitaan, dan jika ingin mendapatkan rumput teki ini . Anda tidak perlu susah-susah mencarinya cukup pergi ke halaman rumah, bawa pisau, tinggal babat deh...
Inilah beberapa manfaatnya: 
1.  Umbinya yang masih segar digeprak kemudian diseduh dengan air panas dapat digunakan sebagai obat busung air dan kencing batu. 
2.  Umbi yang direbus dan air rebusannya diminum bisa digunakan sebagai obat berberapa penyakit, seperti pengantur haid, menyembuhkan keputihan, sebagai obat penenang, memperlancar buang air besar, dan mempercepat pembekuan darah pada luka baru.
3.  Umbi segar yang ditumbuk dapat digunakan untuk perangsang ASI dan penghenti pendarahan rahim.
4.  Umbinya dapat juga diramu dengan daun pegagan dan alang-alang bisa mempelancar buang air kecil.
5.   Tepung yang terbuat dari umbi rumput teki dapat digunakan sebagai bedak anti nyamuk yang beraroma menthol. Bisa juga dicairkan dengan sedikit air dan digunakan sebagai obat penyakit kulit semacam panu, kadas, dan luka yang belum sembuh.
6.   Mengobati Kuku Bengkak.
Umbi rumput teki dan biji kenari ditumbuk hingga halus, kemudian bungkus dengan daun. Panaskan, lalu tempelkan di kuku yang sakit, atau langsung dibalutkan.

Ternyata cukup banyak ya, manfaat dari rumput teki ini dan semoga artikel singkat ini bermanfaat bagi Anda.

Dirangkum dari berbagai sumber di Google.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar