Rabu, 22 April 2015

MANFAAT PEPAYA UNTUK KESEHATAN KITA, BAIK BUAH MAUPUN POHONNYA


Siapa yang tidak kenal buah yang satu ini. Buah yang ditemukan di sekitar kita. Maka tak heran jika hampir semua orang Indonesia pernah menikmati kesegaran buah yang satu ini. Hal itu tentunya tak terlepas dari pohon pepaya yang termasuk jenis pohon yang mudah dibudidayakan di negara kita.

Konsentrasi tinggi karotenoid (provitamin A), vitamin C, dan E pada pepaya, misalnya, berperan sebagai antioksidan dalam tubuh. Senyawa ini mampu menyingkirkan radikal bebas penyebab kanker.

Pepaya juga mengandung banyak mineral, kalium, magnesium, serat dan enzim. Nutrisi-nutrisi ini membuat pepaya amat bermanfaat bagi kesehatan. Yang mungkin belum banyak diketahui adalah kadar vitamin C dalam papaya, ternyata jauh lebih tinggi dari buah apel.

Selain kandungan-kandungan tersebut di atas, pepaya juga dapat menjadi alternatif dalam menjaga kesehatan tubuh kita, baik dari buah maupun pohonnya.

Inilah beberapa khasiatnya, yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber di Google:
1.  Merangsang nafsu makan. Sehelai daun pepaya dicuci, lumatkan, beri garam dan air sedikit demi sedikit sebanyak 1/4 gelas, peras. Minum airnya sekaligus.
2.  Buang air besar tidak teratur, Maag, Sariawan, dan sembelit. Makan buah pepaya segar 3 kali sehari.
3.  Kulit melepuh karena panas. Toreh kulit buah pepaya, tampung getahnya dan oleskan, diamkan sehari semalam. Bila bagian yang melepuh agak luas, parutlah pepaya dan daging buahnya ditempelkan.
4.  Digigit ular berbisa. 5 jari akar pepaya, cuci, tumbuk sampai halus, tempelkan pada bagian yang terkena, balut. Ganti 2 kali sehari.
5.  Flu. Cuci 2-3 helai daun pepaya muda, lumatkan, peras, beri garam. Minum 2 kali sehari untuk anak-anak, dan 4 kali sehari untuk dewasa.
6.  Diare. Keringkan segenggam biji pepaya, tumbuk halus. Seduh seperti menyeduh teh. Minum 3 kali sehari @ 1 gelas.
7.  Melancarkan haid. 2 helai daun pepaya dicuci, tumbuk halus sambil diberi 1/4 gelas air, peras, beri garam. Minum sekaligus 1 kali sehari.
8.  Digigit serangga berbisa. 5 jari akar pepaya dicuci, lumatkan. Tempelkan pada bagian yang sakit, balut dan perban.
9.  Sakit gigi. Getah pepaya muda diteteskan ke gigi yang sakit dengan bantuan kapas.
10.Mengeluarkan pecahan kaca. Beberapa daun pepaya dicuci, lumatkan, beri garam. Oleskan pada kulit yang terkena pecahan kaca, balut. Pecahan kaca akan keluar dan luka akan mengering.
11.Kutil. Oleskan getah pepaya pada kutil setiap 3 jam sekali.
12.Tumit pecah-pecah. Getah pepaya muda digosokkan ke tumit yang pecah-pecah, biarkan 1/4 jam, lalu cuci. Lakukan sekali sehari.

So, untuk menjaga kesehatan, alam sebenarnya telah menyediakan, tinggal kita yang mau memanfaatkan atau tidak. Semoga artikel singkat ini bermanfaat bagi Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar