Rabu, 22 April 2015

KAMBOJA, TERNYATA BERKHASIAT BAGI KESEHATAN


Anda tentu tidak asing ya, dengan bunga ini. Dahulu, kamboja identik dengan bunga kuburan/pemakaman, karena biasanya banyak ditemukan di pemakaman. Bahkan sampai ada yang memetik pun takut.

Namun, seiring dengan perkembangan pengetahuan dan juga zaman, kamboja kini menjadi salah satu tanaman yang banyak digunakan sebagai penghias rumah.

Selain berguna sebagai tanaman hiasan pekarangan rumah, bunga kamboja ternyata juga dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi beberapa macam penyakit. Bagian tanaman yang digunakan sebagai obat adalah akar, daun, getah dan kulitnya.

Berikut adalah beberapa contoh bagaimana menggunakan tanaman kamboja, yang berhasil saya kumpulkan dari berbagai sumber:
1.  Mengobati Bisul
Ambil getah kamboja langsung dari pohon dan dioleskan pada bisul tubuh yang terkena.
2.  Mengobati Kencing Nanah
Ambil 1 buah akar pohon kamboja dan cuci sampai bersih, kemudian rebus dalam dua gelas air sampai mendidih dan tersisa 1 gelas. Minum sehari sekali.
3.  Mengatasi Bengkak.
Caranya, ambil kulit pohon kamboja sirap pertama dan ditumbuk sampai halus. Rebus dalam setengah panci air sampai mendidih. Air rebusannya digunakan untuk merendam bagian tubuh yang bengkak jika memungkinkan. Jika tidak, menggunakannya untuk kompres.
4.  Mengobati Sakit Gigi Berlubang
Ambil getah pohon kamboja menggunakan kapas, kemudian digunakan untuk mengolesi lubang di gigi.
5.  Menghilangkan Tahi Lalat dan kutil.
Tahi lalat dapat meningkatkan keindahan wajah seseorang, tetapi kadang dapat juga mengganggu. Jika Anda memiliki tahi lalat yang tidak diinginkan, Anda dapat menghilangkannya dengan getah pohon kamboja. Cara penggunaannya, ambil getah kamboja (dengan kapas), kemudian oleskan pada tahi lalat Anda. Lakukan secara berkala sampai tahi lalat hilang. Untuk menghilangkan kutil, penggunaannya sama.

Demikian beberapa manfaat bunga kamboja bagi kesehatan kita, Semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat bagi Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar