Rabu, 29 April 2015

MANFAAT KACANG HIJAU


Kacang hijau adalah salah satu jenis kacang-kacangan dengan kandungan zat yang amat baik bagi kesehatan. Kacang hijau biasa dibuat bubur, diminum air rebusannya atau dibuat es yang sangat menyegarkan. Kandungan gizi apa sajakah yang terdapat pada kacang hijau, akan kita bahas dalam artikel ini, yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber di Google:

1.  Kacang hijau kaya akan serat. Pada kacang hijau ada dua jenis serat, yaitu serat tidak larut, yang menjaga sistem pencernaan tubuh dan mengurangi masalah sembelit. Sedangkan serat larut membantu mengurangi kadar kolesterol pada darah.
2.  Kecambah kacang hijau atau toge juga merupakan sumber vitamin C. Seperti yang kita ketahui vitamin C dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mengobati penyakit demam, sakit tenggorokan.
3.  Kaya akan mineral, kalium, magnesium, asam folat dan zat besi. Seperti yang kita ketahui kalium dan magnesium sangat penting untuk kesehatan jantung. Sedangkan kandungan asam folat dan zat besi sangat bermanfaat untuk wanita hamil.
4.  Dapat membantu detoksifikasi tubuh dan meningkatkan metabolisme tubuh. Dalam pengobatan alami dari Cina dan India, kacang hijau sering dianjurkan untuk detoksifikasi tubuh dan membantu mengobati penyakit kronis.
Kacang hijau juga merupakan sumber protein nabati yang sangat baik dan tidak memiliki lemak jenuh yang merugikan untuk kesehatan tubuh. Mengkonsumsi semangkuk kacang hijau setiap hari dapat memenuhi kebutuhan protein yang dibutuhkan tubuh.
5.  Kacang hijau juga merupakan makanan yang mengandung indeks glikemik yang rendah. Dalam studi kasus terbaru, salah satu manfaat kacang hijau adalah mengurangi glukosa darah, plasma c-peptida, glukagon pada penderita diabetes.
6.  Dapat membantu menurunkan berat badan. Karena kaya akan serat dan rendah kalori. Dengan demikian, mengkonsumsi secangkir kecil kacang hijau dapat memberikan perasaan kenyang.
7.  Kacang ini juga mengandung protease inhibitor. Protease inhibitor memiliki kemampuan untuk memperlambat proses pertumbuhan sel-sel kanker. Protease inhibitor ini juga dikenal dapat memblokir dan mencegah pembentukan sel-sel tumor.
Sangat dianjurkan untuk melakukan perebusan kacang hijau dalam waktu yang tidak terlalu lama, untuk menghindari pelepasan nutrisi penting kacang hijau ini.

Namun perlu diperhatikan, bagi yang memiliki riwayat adanya batu pada saluran kemih, disarankan untuk tidak makan sayuran seperti kacang hijau. Karena mengandung asam oksalat, yang dapat mengkristal, sebagai oksalat atau batu di saluran kemih. Oleh karena itu, asupan air sangat disarankan untuk mempertahankan pengeluaran urin yang normal, karena akan meminimalkan risiko pembentukan batu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar