Senin, 13 April 2015

MANFAAT DAUN PEPAYA YANG HARUS ANDA TAHU




Banyak yang tidak suka dengan sayur daun pepaya. Mungkin karena rasanya yang pahit ketika dimakan. Apalagi jika proses pengolahannya tidak tepat. Rasa pahitnya akan sangat terasa. Namun, jika pandai mengolahnya, rasa pahit pada daun pepaya tersebut bisa dihilangkan.

Meskipun pahit, daun pepaya diketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Sejak zaman dahulu, sering digunakan sebagai bahan untuk membuat berbagai ramuan obat-obatan. Nah, di antaranya yaitu:

  1. Penambah Nafsu Makan
    Daun pepaya sering dimanfaatkan oleh masyarakat desa sebagai obat untuk penambah nafsu makan. Terutama untuk mereka yang sedang sakit dan tidak mau makan. Ada dua cara untuk meningkatkan nafsu makan dengan daun pepaya ini. Pertama bisa dengan cara mengkonsumsi daun pepaya dalam bentuk lalapan. Diutamakan dalam bentuk lalapan mentah. Kedua yaitu dengan cara meminum air perasan daun pepaya yang sudah ditumbuk/blender. Jika dirasa terlalu pahit, bisa ditambahkan dengan madu secukupnya.

  1. Melancarkan Haid
    Bagi wanita yang mengalami masalah haid yang tidak lancar, tidak perlu bingung mencari obat pelancar haid. Karena daun pepaya juga bisa digunakan sebagai obat pelancar haid. Caranya, ambil daun pepaya muda yang masih segar (sebanyak 1-2 lembar). Tambahkan sedikit garam dan air secukupnya. Rebus semua bahan dengan api sedang hingga mendidih, angkat. Ramuan diminum sebanyak 1 kali sehari, masing-masing ¼ gelas.

  1. Obat Malaria
    Tinggal di wilayah dengan curah hujan tinggi seperti Indonesia ini, tentu sangat rentan dengan serangan wabah malaria. Tentunya kita tidak perlu khawatir berlebihan. Asalkan selalu konsisten menjaga kebersihan lingkungan.

    Bagaimana jika terlanjur terserang malaria? Jangan khawatir karena alam Indonesia sudah menyediakan banyak herbal untuk mengobatinya. Salah satu contohnya adalah daun pepaya. Jadi, jika terserang malaria kita bisa menggunakan daun pepaya sebagai bahan untuk membuat ramuan obat malaria.

    Adapun cara untuk membuat ramuan obat malaria adalah sebagai berikut: 1 lembar daun pepaya dan 5 batang tanaman meniran dibersihkan, kemudian direbus dengan 100 ml air hingga mendidih. Kemudian air rebusan tersebut diminum sebanyak satu kali sehari.

  1. Obat Demam dan Mulas
    Daun pepaya juga bisa digunakan untuk mengobati demam dan mulas. Adapun cara untuk membuat ramuannya adalah sebagai berikut:
    Siapkan bahan-bahan yang diperlukan, yaitu: 1 lembar daun pepaya, daging buah asam secukupnya dan 100 ml air. Rebus semua bahan dengan api sedang hingga mendidih, kemudian angkat. Ramuan diminum sebanyak dua kali sehari.

Demikianlah beberapa manfaat daun pepaya bagi kesehatan. Jadi, mulai sekarang jangan takut lagi dengan pahitnya daun pepaya. Karena banyak manfaat kesehatan yang tersembunyi di balik rasa pahitnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar