Senin, 13 April 2015

KHASIAT BUAH KOLANG KALING




Buah kolang kaling dihasilkan dari pohon aren. Kolang kaling atau istilah lainnya buah atap, adalah termasuk jenis buah yang mengandung kadar air cukup tinggi, mencapai 98%, berwarna putih dan berbentuk lonjong.

Kolang kaling mudah kita jumpai di pasar-pasar tradisional dan biasanya jumlahnya akan meningkat di pasaran saat bulan Ramadhan, seperti halnya buah kurma. Biasa dijadikan sebagai campuran kolak, es campur serta makanan menyegarkan lainnya.

Tapi tahukah Anda bahwa kolang-kaling ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh? Kandungan gizi yang terdapat di dalamnya juga bagus untuk tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa khasiat kolang kaling untuk kesehatan yang dirangkum dari berbagai sumber di Google:

  1. Mengobati radang sendi
    Karbohidrat yang terkandung di dalam kolang kaling secara umum adalah galaktomannan, di mana zat tersebut sering dijadikan sebagai bahan dasar obat radang sendi, karena dapat membantu mengurangi rasa nyeri di persendian. Untuk Anda yang mengalami radang persendian mengkonsumsi 100-200 gram kolang kaling rebus tanpa gula dan zat pewarna sehari sangat dianjurkan, untuk membantu mengobati peradangan pada persendian.

  1. Mencegah osteoporosis
    Selain dari serat dan karbohidrat kolang kaling juga mengandung kalsium yang cukup tinggi, untuk 100 gram kolang kaling mengandung 91 miligram kalsium jadi ini sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan akan kalsium. Terutama bagi yang alergi terhadap susu.

3.  Memperlancar pencernaan
Kolang kaling kaya akan serat di mana serat tersebut sangat bagus untuk pencernaan. Artinya dapat membantu tubuh mengeluarkan sampah yang tidak dibutuhkan lagi, selain dari itu kolang kaling juga mengandung karbohidrat yang dapat memberikan rasa kenyang dan memberikan energi, jadi ia tentunya sangat bagus untuk Anda yang lagi menjalankan program diet sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar