Sabtu, 11 April 2015

CARA MENGUSIR TIKUS DENGAN BAHAN ALAMI



Tikus merupakan binatang pembawa penyakit pes, salmonellosis, rabies, leptospirosis, trikhinosis, demam lassa, dan meningitis. Selain itu, kotoran, air liur dan urine (air kencing) dari tikus sangat berbahaya karena mengandung virus yang berbahaya bagi kesehatan. Tikus juga merupakan hewan perusak, karena sering menggigiti kabel atau perabot dan mencuri makanan.

Banyak cara membasmi tikus, dapat menggunakan jebakan, racun tikus atau pengusir elektronik.

Untuk cara alami, Anda dapat memanfaatkan buah mengkudu. Buah mengkudu, di samping mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan kita, ternyata bisa digunakan sebagai pengusir tikus.

Pakai yang sudah masak, karena aromanya lebih tajam. Konon katanya, aroma buah mengkudu itulah yang tidak disukai oleh tikus. Potong kecil-kecil dan tebarkan pada area yang sering dilalui tikus. Jika buah mengkudu sudah membusuk, ganti kembali dengan buah yang masih segar. Tikus biasanya akan menandai daerah yang dilewatinya dengan air kencing dan akan melewati lintasan yang sama.

Selain hal tersebut, untuk mencegah binatang-binatang pengganggu di rumah, tentu dengan menjaga kebersihan rumah. Karena sisa makanan atau minuman yang tercecer atau berada di sudut sering terlewatkan sehingga memancing kehadiran hama pengganggu ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar