Minggu, 26 April 2015

BAHAYA TIDUR DENGAN LAMPU MENYALA DARI SEGI BIOLOGIS & MEDIS


Anda sering tidur dengan lampu yang menyala? Lebih baik mulailah merubahnya dari sekarang. Karena, ternyata kebiasaan tersebut dapat mempengaruhi hormon dalam tubuh kita, lho.

Mari kita bahas dari segi sains dan kesehatannya. Semakin malam, semakin gelap, tubuh kita akan merasa lelah dan mengantuk. Ini jelas wajar, sintesis dan sekresi hormon melatonin oleh kelenjar pineal meningkat seiring dengan gelapnya malam. Hormon inilah yang menyebabkan kita menjadi mengantuk di malam hari. Fungsi dari rasa kantuk adalah sebagai sinyal positif tubuh agar segera mengistirahatkannya.

Seorang Biolog, Joan Roberts menemukan rahasia setelah melakukan percobaan pada hewan. Ketika hewan tersebut diberi cahaya buatan pada malam hari, hormon melantonin nya menurun dan sistem kekebalan tubuhnya melemah. Padahal, melantonin adalah salah satu hormon dalam sistem kekebalan, yang mampu memerangi dan mencegah berbagai penyakit termasuk kanker payudara dan kanker prostat. Rupanya, cahaya lampu, seperti juga TV, menyebabkan hormon menjadi sangat lemah, inilah yang berbahaya.

Hanya dalam keadaan yang benar-benar gelap tubuh menghasilkan melantonin. Sebaliknya, tidur dengan lampu menyala di malam hari, sekecil apapun sinarnya menyebabkan produksi hormon melantonin terhenti.

Berarti, hormon melatonin ini tidak akan muncul jika orang tidur malam hari dengan lampu menyala. Adanya cahaya atau sinar membuat produksi hormon melatonin akan berhenti. Dengan mematikan lampu ketika tidur malam hari, bukan hanya menghemat energi tapi juga meningkatkan kesehatan tubuh. Maka itu tidur malam sambil nonton TV juga sangat tidak disarankan.

Senada dengan hal tersebut, Profesor Helen Burgess dari Rush University Medical Center di Chicago seperti dikutip dari NineMSN, mengatakan: “Orang yang suka begadang sering merasa sulit tidur dan tidak merasa segar keesokan harinya. Efeknya sama seperti jet lag.”

Tubuh sangat membutuhkan istirahat, dan malam hari adalah waktu yang sangat baik untuk mengistirahatkan tubuh. Dengan tidur secara teratur tentunya sangat bermanfaat untuk memberikan dampak yang baik bagi tubuh, terutama pada saat bangun paginya badan lebih terasa fresh dan dapat kembali beraktifitas seperti biasanya.

Semoga artikel singkat ini bermanfaat bagi kita, tetap jaga pola hidup sehat ya…

Dirangkai dari berbagai sumber di Google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar