Minggu, 10 Mei 2015

WASPADAI BENDA-BENDA TEMPAT SARANG BAKTERI DI SEKITAR KITA


Beberapa benda di sekitar kita yang sering kita anggap sepele, ternyata menyimpan banyak kuman yang dapat mengancam kesehatan kita. Apa saja benda-benda tersebut? Ikuti ulasan berikut ini, yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber di Google.

1.   Bantal dan seprei
Di bantal dan seprei yang Anda gunakan setiap harinya terdapat keringat, kulit mati, dan bahkan air liur. Hal ini akan menciptakan tempat yang ideal bagi bakteri dan kutu untuk bertumbuh.



2.   Gagang pintu kulkas
Berdasarkan penelitian, mikroba yang hidup di daging, sering ditemukan pada pegangan atau gagang pintu kulkas. Terlebih lagi, gagang pada pintu kulkas merupakan salah satu benda yang hampir sering dipegang tiap harinya.



3.   Ponsel/telepon rumah
Ponsel/telepon rumah penuh dengan bakteri dan minyak ketika menempel di wajah. Hal ini mampu menyebabkan jerawat di pipi dan dagu. Belum lagi jika digunakan oleh banyak orang.



4.   Keran air
Keran air diketahui merupakan salah satu tempat bersarangnya Bakteri E. coli. Jangan sampai lupa untuk membersihkan keran air secara berkala.



5.   Keset
Keset yang biasanya diletakkan di depan pintu rumah atau kamar mandi, adalah tempat yang ideal bagi kuman dan bakteri untuk berkembang biak. Sebab, biasanya kondisinya lembab.



6.   Handuk
Bakteri akan tumbuh di dalam handuk selama 20 menit atau lebih lama ketika handuk masih basah. Selalu keringkan handuk Anda di bawah sinar matahari untuk mematikannya.



7.   Dompet
Penelitian kesehatan menunjukkan bahwa dompet wanita adalah salah satu dari benda yang paling kotor yang mereka sentuh setiap hari. Meletakkan dompet di tempat umum dan menjadi tempat tersimpannya uang berarti ada ribuan bakteri di dalam dompet Anda.



8.   Remote TV
Penelitian menemukan bahwa remote TV yang digunakan oleh seluruh anggota keluarga menjadi benda yang tiga kali lebih kotor dibandingkan dengan benda lainnya di ruang keluarga. Sebab banyak tangan kotor karena menyentuh makanan sebelum memegang remote.



9.   Spons cuci piring dan lap dapur
Spons yang digunakan untuk mencuci piring, serta lap dapur yang digunakan untuk membersihkan dapur bisa menjadi benda yang banyak dihuni oleh kuman. Kuman akan dengan mudah bersembunyi di dalam pori-pori spons dan lipatan lap. Cucilah lap atau spons secara teratur.



10. Wastafel
Wastafel merupakan salah satu benda yang banyak ditinggali bakteri dan jamur. Terdapat ratusan ribu bakteri di sana. Cara yang paling mudah adalah gunakan air panas yang disiramkan ke seluruh permukaan wastafel dengan tujuan membunuh mikroba yang tersisa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar