Minggu, 10 Mei 2015

BAHAYA MENJEMUR PAKAIAN DI DALAM RUMAH


Menjemur pakaian di musim hujan seperti saat ini, memang merupakan suatu persoalan tersendiri bagi para ibu rumah tangga. Sebab, meskipun curah hujan sedang tinggi-tingginya, bahkan bisa seharian hujan, namun pakaian kotor tidak otomatis mau menunggu kan..hehe..terus menumpuk jadinya. Mau tidak mau ya harus segera dicuci. Jalan satu-satunya ya.. menjemur pakaian di dalam rumah.

Namun hati-hati ya, sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Glasgow School of Art selama 3 tahun menunjukkan bahwa menjemur pakaian di dalam ruangan bisa mengakibatkan gangguan kesehatan. Para peneliti mengatakan bahwa rata-rata rumah mempunyai kelembaban sekitar 5 hingga 10 litar air di udara pada waktu tertentu. Menjemur pakaian di dalam ruangan akan menambah kelembaban sebanyak 2 liter air atau bisa dikatakan sepertiga dari kelembaban di hari biasa.

Jika Anda juga menggunakan pelembut kain, waspadalah terhadap bahan kimianya. Karena bahan kimia penyebab kanker yang bernama acetaldehydes akan terlepas ke udara di dalam ruangan dalam jumlah yang cukup banyak. Bahan-bahan kimia lain yang biasa digunakan pada deterjen juga bisa mencemari udara. Jumlahnya akan meningkat sejalan dengan naiknya kadar uap air ke udara.

Seperti yang dikutip juga dari National Aspergillosis Centre di Manchester, menurut Profesor David Denning dan timnya mengeluarkan peringatan, setelah mengobati banyak pasien yang terus bertambah, akibat dari menghirup udara yang dipenuhi jamur Aspergillus.

Jamur Aspergillus Fumigatus ini menurut para ahli dapat menyebabkan infeksi pada paru-paru. Melalui udara yang lembab, jamur ini berkembang biak. Gangguan kesehatan paca cuaca seperti ini dapat menjadi serius terutama pada orang yang sistem kekebalan tubuhnya lemah atau memiliki asma cukup parah. Pakaian yang dijemur di dalam rumah ini dapat meningkatkan kelembaban dalam ruangan hingga mencapai 30 persen. Udara yang lembab ini dapat memicu perkembangbiakan spora jamur, salah satunya adalah jamur Aspergillus Fumigatus tersebut.

Solusi untuk menghindarinya adalah usahakan selalu keringkan pakaian basah di luar rumah, atau gunakan mesin pengering. Jika memungkinkan, buatlah tempat atau ruangan khusus untuk menjemur pakaian di luar ruangan. Bisa memanfaatkan halaman belakang yang diberi atap, atau emperan rumah. Jika terpaksa harus di dalam ruangan, pilihlah yang jauh dari kamar tidur dan ruang tamu. Atau kalau ada anggaran lebih ya..dilaundry-kan..hehe..

Dirangkum dari berbagai sumber di Google.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar