Minggu, 03 Mei 2015

TIPS MENGHILANGKAN CEGUKAN


Hampir setiap orang pernah mengalami cegukan. Kondisi ini sebenarnya tidak berbahaya, namun cukup menggangu bahkan bisa memalukan, bukan? Ada beberapa cara untuk mengatasi cegukan, yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber di Google:
  1. Tarik napas dalam-dalam dan mengeluarkannya perlahan
    Cara ini memang trik lama. Tapi ampuh mengatasi cegukan. Cara kerjanya ialah, merangsang syaraf dari otak ke diafragma agar membuat dada menjadi lapang sehingga cegukan perlahan hilang.

  1. Meminum air
    Meminum air juga dapat mengatasi cegukan. Pasalnya, saat seorang menelan air, secara tak langsung hal ini bertujuan melancarkan tenggorokan dan diafragmanya. Sehingga perlahan-lahan cegukan hilang.

  1. Makan
    Beberapa makanan disebut-sebut mampu menghentikan cegukan, misalkan sesendok gula pasir, selai kacang, atau es krim. Lemon yang dilapisi gula juga disebut mampu meredakan cegukan. Cara kerjanya sama dengan minum dan bernapas, makanan akan mengganggu kontraksi diafragma, sehingga meredakan cegukan. Namun perlu diingat, yang diperlukan hanya satu saja, jangan terlalu banyak.

  1. Pengalihan perhatian
    Mengalihkan perhatian secara fisik diketahui mampu meredakan cegukan dengan sendirinya. Reader’s Digest Kanada menyarankan Anda untuk menggenggam tangan dengan sangat erat hingga membuat Anda merasakan sensasi sakit. Kemudian alihkan perhatian Anda dari cegukan pada rasa sakit pada tangan.

  1. Dikejutkan
    Mengejutkan seseorang atau mengalihkan perhatian secara mental, perlahan dapat menghilangkan cegukan. Mintalah seseorang untuk mengagetkan Anda. Merasa terkejut akan mengubah siklus napas Anda. Selain itu, mental Anda yang merasa terkejut juga bisa mempengaruhi cara kerja diafragma.

  1. Minyak kayu putih
    Beri minyak kayu putih dibagian leher hingga perut sehingga organ-organ dalam bisa berfungsi normal kembali.

Semoga tips singkat ini berguna bagi Anda, Terimakasih sudah membaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar