Minggu, 10 Mei 2015

TIPS MENGATASI SULIT TIDUR DI MALAM HARI


Anda sering mengalami susah tidur di malam hari? Sering bangun di tengah malam dan sulit untuk kembali tertidur? Bangun terlalu pagi? Selalu mengalami perasaan lelah ketika bangun tidur? Atau sulit untuk mengingat dan berkonsentrasi terhadap sesuatu? Jika jawabannya YA, maka anda dapat dikategorikan mengidap insomnia.

Banyak yang beranggapan bahwa insomnia adalah sebuah penyakit. Namun menurut pendapat para ahli yang telah melakukan serangkaian penelitian, insomnia atau gangguan susah tidur bukan merupakan sebuah penyakit, dan bisa di atasi tanpa harus berkonsultasi ke dokter.

Berikut adalah beberapa tips agar bisa segera tidur, yang dirangkum dari berbagai sumber di Google.
1.   Buat kamar tidur Anda senyaman mungkin, buatlah situasi kamar anda terasa tenang dan nyaman. Kamar yang pengap, berantakan serta panas, bisa membuat anda semakin sulit untuk tidur. Jika ada AC, gunakan untuk mengatur suhu udara jika kamar Anda terasa panas.

2.   Pakailah penutup mata serta penutup telinga jika suasana rumah dan kamar anda terasa terang dan berisik.

3.   Hindari tidur di siang hari, dan berusaha untuk tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya.

4.   Matikan semua barang elektronik (hp, tv, laptop, tablet videogame dll)

5.   Hindari untuk mengkonsumsi rokok, nikotin dan kafein, karena nikotin dan kafein mengandung zat stimulan yang membuat kita menjadi sulit untuk tidur.

6.   Hindari makan makanan yang berat saat akan tidur. Karena dapat membuat perut anda menjadi kembung serta makanan anda tidak tercerna dengan baik. Bila anda lapar, cukup konsumsi makanan ringan atau cemilan saja.

7.   Minuman hangat
Minuman yang hangat akan membantu menenangkan tubuh dan pikiran Anda.

8.   Mandi/berendam air panas
Menaikkan suhu kulit pada dasarnya akan meningkatkan perasaan kantuk dan membuat Anda menjadi cepat tidur dan nyenyak sampai pagi hari. Dianjurkan untuk berendam atau mandi air panas 30 menit sebelum Anda tidur.

9.   Minyak Aromaterapi
Hasil studi menunjukkan bahwa menggunakan minyak esensial lavender dapat membantu tubuh Anda menjadi rileks dan menciptakan kenyamanan selama tertidur. Cukup beberapa tetes minyak di bantal untuk membuat Anda tidur lebih cepat.

10. Menghitung gambar domba/menghitung mundur.
Lama-kelamaan Anda akan merasa bosan, kelelahan dan kemudian mengantuk.

11. Itulah beberapa tips mengatasi sulitnya tidur di malam hari. Namun, tips ini hanya untuk insomnia ringan dan sedang saja ya. Untuk pengidap insomnia berat/akut sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar