Senin, 04 Mei 2015

MANFAAT BESAR DI BALIK JANTUNG PISANG


Mungkin masih ada yang belum mengetahui manfaat dari jantung pisang, hingga bagian ini kerap dibuang karena dianggap mengganggu pertumbuhan dari buah pisang. Padahal di dalam jantung pisang terkandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Jantung pisang juga kaya akan nutrisi yang baik untuk mengobati berbagai penyakit. Tiap 25 gram jantung pisang mengandung 7,1 gram karbohidrat, 31 kkal kalori, 1,2 gram protein, dan 0,3 gram lemak. Selain itu, jantung pisang juga mengandung banyak mineral, vitamin dan serat pangan yang cukup tinggi. Mempunyai indeks glikemik yang rendah, sehingga insulin yang dibutuhkan untuk mengubah glukosa menjadi energi semakin sedikit sehingga sangat baik bagi penderita diabetes.

Selain itu dapat mencegah pendarahan pada otak, baik untuk jantung dan pembuluh darah. jika dikonsumsi secara teratur, jantung pisang bisa membantu mengobati penyakit kronis seperti stroke.

Tak hanya mencegah serangan jantung dan stroke, jantung pisang juga berkhasiat melancarkan pencernaan dan mengikat kolesterol serta lemak untuk dibuang bersama kotoran. Menjaga kesehatan saluran pencernaan dengan cara meningkatkan pergerakan usus besar.

Pilihlah jantung pisang yang enak untuk dikonsumsi, seperti yang berasal dari pisang jenis kepok, klutuk (batu), atau pisang siam yang tinggi kandungan proteinnya.

Cara pengolahannya cukup mudah. Kupas kelopak luar sampai tersisa bagian dalam yang berwarna putih kemerahan. Kemudian, cuci bersih, iris memanjang, dan yang terakhir rebus jantung pisang yang sudah bersih tadi. Bisa disajikan sebagai lalapan maupun dimakan langsung.

Disarikan dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar