Minggu, 03 Mei 2015

DI BALIK MAKANAN SEHAT, TERNYATA MENYIMPAN BAHAYA


FDA (Food and Drug Administration), BPOM nya Amerika Serikat, ternyata menemukan beberapa ancaman bahaya dari makanan yang kita anggap sehat. Memang di satu sisi makanan ini punya banyak manfaat, namun di sisi lain, makanan ini justru mengancam kesehatan. Simak beberapa di antaranya, yang dirangkum dari berbagai sumber di Google:
1.   Sayuran mentah dan buah
Seperti kita ketahui bersama, kebanyakan sayuran ditanam dengan mengandalkan pestisida untuk mengatasi hama yang menyerang. Dan ternyata, sekalipun sudah dicuci, seringkali kandungan pestisidanya masih ada. Dilaporkan sejak 1990, sudah puluhan ribu kasus masyarakat yang mengalami keracunan akibat mengonsumsi sayur yang masih mengandung pestisida atau bakteri. Begitu pula jenis buah-buahan yang tidak dikupas, seringkali langsung masuk mulut sebelum dicuci. Padahal, kita tak tahu apakah ada kandungan bakteri atau pestisida yang masih menempel pada buah tersebut.

2.   Tuna Mentah
Ikan mentah atau beken disebut sushi ditengarai dapat menyebabkan kram pada tubuh, sakit kepala dan mual tak terkendali. Hal tersebut terjadi pada beberapa kasus di mana ikan mentah membawa bakteri atau racun. FDA mengingatkan agar ikan disajikan dalam menu yang sudah dimasak, sehingga racun dan bakteri bisa mati.

3.   Ice Cream
Tak diragukan bahwa ice cream juga memiliki nilai gizi yang tinggi. Namun beberapa jenis ice cream yang dibuat dengan proses pasteurisasi yang kurang sempurna justru berbahaya bagi kesehatan. Ada yang dibuat dari telur mentah, sehingga merupakan media yang tepat untuk penyebaran bakteri Salmonella.

4.   Telur mentah
Kaya akan kandungan omega-3 yang baik untuk tubuh, namun siapa sangka telur bisa membawa ancaman bakteri berbahaya Salmonella. Karena itulah, wanita yang sedang mengandung dilarang menyantap menu telur setengah matang maupun mentah. "Makanan selalu sehat jika kita menyajikan dengan cara yang benar dan sehat. Sejauh ini, telur mentah tetap merupakan makanan yang harus dihindari. Kita tak pernah tahu apakah ada bakteri Salmonella yang terkandung di dalamnya," ungkap Craig Herberg, PhD, seorang peneliti dan pengajar di University of Minnesota.

5.   Keju
Makanan berbahan dasar susu ini memang lezat dan bergizi. Namun, ada beberapa wanita hamil yang dilaporkan memiliki alergi terhadap keju seperti keju jenis Feta, Brie, Camembert, Blue-veined, dan keju Meksiko. Keju-keju tersebut berpotensi membawa bakteri Salmonella dan Listeria yang bisa menyebabkan keguguran.

6.   Taoge dan jamur
Dikutip dari health. com, kedua tanaman ini memang lezat dan bergizi. Namun, mereka juga sekaligus sumber bakteri yang tumbuh di daerah lembab, dan punya potensi membawa penyakit masuk ke dalam tubuh. Sebelum mengolah keduanya, sebaiknya dicuci bersih dan disajikan matang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar