Minggu, 10 Mei 2015

TANGAN ANDA KEMASUKAN DURI ATAU BENDA TAJAM LAIN? INI TIPS MENGELUARKANNYA


Anda pernah tertusuk duri atau benda kecil seperti serpihan kayu, kaca atau lainnya? Dalam bahasa Jawa biasa disebut “tlusupen”. Bukan sekedar tertusuk lho, namun benda asing tadi tertinggal di dalam daging dan susah dikeluarkan.

Biasanya terdapat pada area telapak tangan atau kaki, namun demikian tidak memungkinkan juga bisa di area lainnya. Dan seringnya kita tidak sadar seketika itu juga, namun baru terasa sakit, nyeri atau perih jika luka tersebut tersentuh atau terkena tekanan.

Ada cara mudah lho, untuk mengatasi tlusupen itu. Maksudnya mengeluarkan benda asing tadi dari kulit, agar tidak terjadi infeksi. Karena tidak menutup kemungkinan, bila dibiarkan akan menjadi “mata ikan”, yaitu luka yang bengkak dan bernanah karena infeksi. Silakan simak yang berikut ini, ditulis berdasarkan pengalaman pribadi dan beberapa sumber yang mendukung:

1.   Oleslah bagian luar yang kemasukan benda asing tadi dengan getah kayu patah tulang, getah biduri, getah pohon kamboja/semboja, atau juga getah pepaya/bantangnya. Biarkanlah, pada bagian yang sakit jangan diberi tekanan. Biasanya tak berapa lama benda kecil yang menyebabkan rasa nyeri tersebut akan keluar dengan sendirinya.

2.   Cara selanjutnya dengan bawang putih yang ditumbuk sampai lumat, kemudian dibalurkan ke bagian yang sakit. Namun ada juga yang digeprek dahulu, lalu dipanaskan dengan api sampai hangat, baru dibalurkan. Balut dengan kapas atau perban agar mendapat sedikit tekanan dan meresap. Dari pengalaman pribadi, cara yang kedua ini lebih cepat.

Mungkin Anda tahu cara yang lain??? Semoga bermanfaat ya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar