Minggu, 10 Mei 2015

ANDA MENDERITA ASAM URAT TINGGI? SEBAIKNYA BACA YANG INI DEHH..


Biasanya, obat-obatan diperlukan untuk mengobati asam urat. Namun, membuat perubahan pola makan, seperti mengurangi makanan yang kaya purin juga bisa membantu. Purin sebenarnya terdapat di seluruh bagian makhluk hidup, jadi tidak mungkin kita menghindari purin. Yang terbaik adalah dengan mengetahui beberapa makanan yang tinggi kandungan purinnya. Berikut ini beberapa jenis makanan yang mengandung purin yang cukup tinggi.

1.   Beberapa jenis sayuran
Seperti kacang-kacangan (termasuk tahu dan tempe), bayam, kangkung, asparagus, brokoli, tauge, daun pepaya, melinjo (termasuk daunnya) jamur.

2.   Sea food
Ikan sarden adalah salah satu sumber purin yang tinggi. Juga makanan laut lainnya seperti, makarel, tuna, lobster, tiram, sarden, kerang dll.

3.   Daging merah
Daging pada umumnya tinggi purin, apalagi jerohan seperti hati, ginjal & otak, purinnya paling tinggi. Daging yang mengandung purin tinggi seperti daging babi, daging rusa, daging sapi, kelinci, kalkun, sapi, unggas dan bebek.

4.   Alkohol
Semua jenis minuman yang mengandung alkohol. Makanan yang mengandung ragi sebaiknya juga dihindari, seperti tape.

5.   Beberapa minuman
Minuman sehari-hari kita seperti teh dan kopi sebenarnya sedikit mengandung purin, akan tetapi batasi konsumsinya karena mengandung kafein.

6.   Coklat
Biji kakao dan daun teh mengandung tinggi theobromine, yaitu alkaloid dengan struktur mirip dengan kafein yang tinggi purin.

7.   Makanan yang mengandung lemak tinggi
Ada beberapa pendapat bahwa lemak dapat menghambat pengeluaran asam urat lewat urin, seperti santan, margarine, mentega, atau goreng-gorengan.

Nah, itulah beberapa makanan yang mengandung purin yang cukup tinggi. Bukan berarti dilarang mengkonsumsinya lho…karena sebagian besar dari makanan tersebut sebenarnya merupakan sumber gizi bagi tubuh kita. Namun, bagi Anda yang telah menderita asam urat tinggilah, yang harus menghindarinya, minimal mengurangi.

Disarikan dari berbagai sumber di Google.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar