Minggu, 10 Mei 2015

BEBERAPA MAKANAN PENYEBAB PERUT KEMBUNG


Anda sering mengalami perut kembung? Rasanya sangat tidak nyaman, bukan? Coba perhatikanlah apa yang Anda makan untuk mengatasi kembung tersebut. Menurut KlikDokter. com, perut kembung merupakan suatu sensasi terdapat tekanan berlebih dari dalam perut. Kembung pada dasarnya disebabkan oleh terlalu banyak gas dalam saluran cerna dan karena asupan garam berlebih. Asupan garam berlebih menyebabkan cairan menumpuk atau tertahan, sehingga perut menjadi kembung.

Menurut ahli gizi, Keri Glassman, di samping proses makan terlalu cepat atau konsumsi minuman berkarbonasi, perut kembung juga dapat disebabkan beberapa makanan. Nah, menurut beberapa sumber, penyebab perut kembung dikarenakan Anda terlalu berlebihan mengkonsumsi makanan di bawah ini:
  1. Junk food
    Junk food adalah makanan yang tinggi kadar lemak, kadar gula, dan garam sehingga dapat pula menyebabkan kembung.

  1. Produk Susu (dairy products)
    Seperti keju, susu, mentega, yogurt, dapat menyebabkan kembung pada orang-orang tertentu. Produk susu berpengaruh pada orang yang mengalami intoleransi laktosa. Karena laktosa pada produk tersebut tidak dapat dicerna dengan baik, laktosa menumpuk dan meningkatkan produksi gas dalam saluran cerna.

  1. Sayuran Tertentu
    Seperi kubis, brokoli, dan kol mengandung sulfur dan karbohidrat yang disebut raffinose yang sulit dicerna tubuh. Namun, bila sayuran tersebut dimasak, raffinose akan dipecah sehingga dapat mengurangi efek kembung. Kacang-kacangan yang dipanggang juga dapat menyebabkan kembung.

  1. Makanan Berlemak
    Makanan berlemak meninggalkan lambung paling lama dibandingkan dengan karbohidrat dan protein karena sulit dicerna, oleh karena itu makanan berlembak dapat menyebabkan kembung.

Namun, jika sudah terlanjur, untuk mengatasi perut kembung, konsumsilah jahe, kunyit, atau peppermint. Atau buah-buahan seperti pepaya dan nanas.

Jadi, apa yang dapat dilakukan agar acara makan tidak berantakan gara-gara perut kembung? Konsumsi makanan di atas secukupnya, jangan berlebihan ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar