Minggu, 10 Mei 2015

KHASIAT DI BALIK ASINNYA GARAM


Garam, salah satu bumbu wajib tiap kali Anda memasak, bukan? Benda yang selalu tersedia di rumah ini menyimpan khasiat, yang ternyata banyak yang belum mengetahuinya lho... Sebelum mengkonsumsi obat-obatan kimia atau pergi ke dokter, coba deh, simak yang di bawah ini.

Anda pernah mengalami gangguan pada tenggorokan? Kesulitan dan sakit saat menelan, serta tenggorokan terasa sakit? Biasanya, sakit inilah yang menemani batuk dan juga flu. Namun, kadang juga datang sendirian karena tenggorokan mengalami iritasi.

Nah, solusinya cukup mudah. Ambil 1 sendok teh garam dapur dan larutkan ke dalam 100 ml air hangat. Aduk sampai rata, gunakan untuk berkumur.

Caranya dengan posisi kepala menengadah, sampai terasa air tersebut menyentuh tenggorokan, buka mulut Anda sedikit. Kemudian hembuskan nafas lewat tenggorokan beberapa kali, lalu buang airnya. Jadi cara berkumurnya bukan di mulut ya. Lakukan sampai air larutan garam habis. Berkumurlah 2-3 kali dalam sehari agar sakit tenggorokan cepat reda.

Mengapa air garam efektif meredakan sakit tenggorokan? Ingat ya, sakit tenggorokan terjadi karena adanya peradangan oleh virus atau bakteri yang menyebabkan adanya cairan, dikenal dengan sebutan mucosa, yang menyebar di saluran tenggorokan. Garam mempunya sifat mengikat air, sehingga saat Anda berkumur air garam, sifat garam akan mengikat cairan sekaligus bakteri yang ada bersamanya. Ini akan mengurangi peradangan dan rasa sakit pada tenggorokan.

Selain itu, garam juga merupakan pembunuh bakteri yang sangat baik. Dengan fungsi antiseptik ini, garam akan membersihkan tenggorokan dan menghambat pertumbuhan bakteri di tenggorokan serta mempercepat penyembuhan.

Selain berkumur dengan air garam, Anda juga sangat disarankan untuk cukup minum air putih, istirahat yang cukup, serta asupan gizi yang baik.

Tentunya selain pengobatan, yang terbaik adalah mencegah agar tidak terserang penyakit, dengan menjaga kondisi tubuh kita semaksimal mungkin dengan menjaga pola hidup sehat. Semoga bermanfaat ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar