Minggu, 10 Mei 2015

KHASIAT TERSEMBUNYI DARI JERUK PURUT


Anda tahu jeruk purut kan? Di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, penggunaan jeruk purut cukup sering kita jumpai. Rasa sari buahnya yang masam biasanya digunakan sebagai penetral bau amis daging atau ikan, seperti pada siomay. Ikan yang sudah dibersihkan biasanya ditetesi perasan buahnya untuk mengurangi aroma amis. Daun jeruk purut juga banyak dipakai. Dicampurkan pada bumbu pecel atau juga gado-gado untuk mengharumkan.

Meski tidak sepopuler jeruk-jeruk lain, namun buah ini ternyata punya banyak manfaat lho, untuk kesehatan tubuh kita. Manfaatnya bukan cuma terdapat pada buahnya saja, tetapi daunnya pun juga bisa kita manfaatkan.

Daun jeruk purut mengandung zat tanin, steroid triterpenoid dan minyak asiri. Kulit buahnya mengandung zat saponin, tanin, steroid triterpenoid dan minyak asiri yang mengandung sitrat.

Berikut ini beberapa manfaat dari jeruk purut yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber di Google.

1.   Mengatasi Kulit Bersisik
Ambil jeruk purut yang sudah tua, belah menjadi 2 bagian, kemudian gosokkan pada bagian kulit yang bersisik atau kering. Lakukan sebelum tidur cukup sekali sehari, pada malam hari sebelum tidur.

2.   Membantu menyembuhkan Influenza
Caranya potong jeruk purut yang sudah masak dan banyak airnya, lalu peras dan seduh dengan air panas secukupnya. Selagi hangat minum air jeruk purut tersebut. Selain itu, bisa juga dengan menyantap lalapan daun dan buah jeruk purut yang sudah di potong-potong, kandungan minyak astiri dalam daun jeruk purut bisa membantu memperbaiki metabolisme tubuh.

3.   Mengatasi Badan Capek/Lelah
Caranya rebus dua genggam daun jeruk purut yang masih segar dengan 3 liter air sampai mendidih selama kurang lebih 10 menit, kemudian campurkan dengan air bersih agar menjadi hangat dan gunakan untuk mandi.

4.   Anti Ketombe
Belah dua buah jeruk purut masing-masing menjadi 2 bagian, kemudian gosokkan perlahan ke kulit kepala dan diamkan selama 15 menit, selanjutnya bersihkan dengan berkeramas. Sebaiknya saat melakukannya kondisi kepala dalam keadaan bersih atau habis keramas.

5.   Mengobati Batuk
Jeruk purut juga dapat digunakan untuk mengatasi batuk ringan yang kadang tiba-tiba datang. Peras sebuah jeruk purut, campurkan dengan satu sendok madu lalu tambahkan air hangat. Minum sehari 2-3 kali sampai batuk reda.

Nah, semoga artikel singkat ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda, terima kasih sudah mampir membaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar