Kamis, 30 April 2015

REBUSLAH DAGING AYAM HINGGA MATANG, JANGAN SETENGAH MATANG



Mengolah daging ayam sebaiknya dimasak sampai benar-benar matang. Karena ternyata di dalam daging ayam yang setengah matang terdapat bakteri yang berbahaya bagi tubuh kita.

Hal ini dikemukakan dalam penelitian yang dilakukan oleh Institute of Food Research. Para peneliti di badan peneliti makanan ini menunjukkan bahwa daging ayam yang masih setengah matang akan mengeluarkan cairan yang disebut dengan jus. Jus ini mengandung sekelompok bakteri yaitu campylobacter yang mampu membuat Anda keracunan.

Di katakan oleh pimpinan penelitian Helen brown, Campylobacter memang bukan jenis bakteri yang kuat, karena terkena oksigen saja bakteri ini akan mati. Namun bakteri ini bisa bertahan hidup dengan cara membentuk lapisan lendir untuk melindungi diri, dan ini membuat mereka tahan hidup lebih lama karena mampu melindungi diri dari zat antimikroba dan disinfektan.

Brown menyarankan seperti dilansir oleh dailymail.co.uk , agar lebih berhati-hati jika mengolah ayam. Selain harus memastikan daging ayam telah matang, Anda juga harus memperhatikan cara membersihkan ayam. Perlu diketahui bahwa cipratan air ketika anda mencuci ayam mentah, terdapat bakteri dan kuman yang dapat menyebar. Usahakan merebusnya terlebih dahulu agar bakteri mati, barulah anda lanjutkan untuk mengolahnya.

Nah, semoga artikel singkat ini dapat menambah pengetahuan kita, dan membuat kita lebih berhati-hati dalam mengolah bahan makanan. Terima kasih sudah membaca..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar