Kamis, 30 April 2015

MANFAAT MENGEJUTKAN DI BALIK KULIT BUAH


Jika Anda punya kebiasaan mengupas kulit buah sebelum mengkonsumsinya, ada baiknya jika Anda membaca artikel berikut ini. Cara untuk mendapatkan nutrisi paling optimal dari buah-buahan, ternyata adalah mengkonsumsinya bersama dengan kulitnya. Dan beberapa jenis buah bisa dikonsumsi bersama dengan kulitnya dan memberikan manfaat yang mengejutkan bagi kesehatan. Apa saja? simak berikut ini, seperti dilansir dari Mag for Women.
1.   Kulit Jeruk
Jika dalam kondisi segar/basah rasanya pahit. Namun, manfaat dari kulit jeruk ternyata begitu baik untuk kesehatan. Seperti mengobati rasa mual dan kembung (50 gram kulit jeruk direndam dalam anggur putih selama 20 hari, kemudian diminum). Meningkatkan nafsu makan (kulit jeruk yang telah dikeringkan dicampur dengan daun teh kemudian rebus bersamaan seperti teh). Mengobati mastitis atau bengkak payudara karena ASI berlebihan (rebus kulit jeruk segar dengan akar manis angkat dan tunggu hingga hangat kemudian diminum). Selain itu banyak kandungan vitamin yang terkandung didalamnya seperti vitamin C, antioksidan, vitamin B6, serat dan froktosa yang baik untuk menurunkan gula arah pada tubuh.

2.   Kulit Lemon
Sama seperti kulit jeruk, meskipun rasanya sedikit pahit, namun kulit lemon adalah makanan yang berhasiat melancarkan pencernaan, meningkatkan sirkulasi darah, meredakan kram dan menguatkan sistem imun. Apalagi saat ini, kulit lemon bisa Anda jumpai dalam bentuk olahan makanan seperti manisan.

3.   Kulit Apel
Coba makanlah apel sekaligus dengan kulitnya. Sebab kulit buah ini adalah sumber kalsium, vitamin A, antioksidan, dan senyawa pelawan kanker. Kulit apel juga terkenal mampu membantu proses penurunan berat badan dan melancarkan pencernaan.

4.   Kulit Semangka
Sebenarnya, bagian semangka yang terdekat dengan kulit yang berwarna putih adalah sumber vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin A, beta-carotene, Zat besi, kalsium, lycopene dan seng yang begitu bermanfaat bagi kesehatan. Untuk itu, ada baiknya jika anda mulai menghilangkan kebiasaan anda membuang bagian kulit semangka. Karena sebenarnya sumber vitamin terbesar ada di sana.

5.   Kulit Kiwi
Bukan hanya buahnya saja yang kaya akan vitamin, kulit kiwi juga kaya akan mineral dan antioksidan yang mampu menjaga kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan radikal bebas. Radikal bebas inilah yang dapat memicu timbulnya penuaan pada kulit. Kulit buah ini juga terbukti mampu menyehatkan jantung dan dapat dinikmati dalam bentuk salad atau smoothies.

Yang perlu diwaspadai adalah terhadap buah-buahan impor yang banyak sekali beredar di pasaran, yang disinyalir diberi semacam lapisan lilin dengan tujuan agar tidak mudah busuk. Yang terbaik adalah membeli buah lokal yang segar. Karena Indonesia juga kaya akan hasil buah-buahan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Dirangkum dari berbagai sumber di Google.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar