Kamis, 30 April 2015

ACAR, SEGAR DAN MENYEHATAN


Acar, ternyata sudah sejak 2400SM sudah dikenal oleh masyarakat Mesopotamia. Acar memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik, seperti vitamin, mineral dan nutrisi lainnya, tergantung dari bahan untuk membuat acar tersebut. Kandungan inilah yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Namun, acar juga kaya natrium yang berasal dari garam yang digunakan dalam pembuatan acar, sehingga konsumsilah dalam porsi sedang dan tidak berlebihan, karena dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah.

Seperti dikutip dari Medindia, jika dikonsumsi dalam jumlah yang sedang, acar dapat menawarkan beberapa manfaat terhadap kesehatan, diantaranya sebagai berikut:

Rendah Kalori.
Acar memiliki kandungan kalori yang rendah, terutama acar berbahan sayuran dan buah-buahan yang mempunyai rasa asam dan pedas. Untuk acar yang rasanya manis akan lebih banyak kandungan kalorinya, karena kandungan gula. Namun, kalori setiap jenis acar tidaklah banyak, sehingga aman dijadikan teman makan daripada gorengan.

Acar juga merupakan sumber zat besi yang baik, kalsium, kalium, mangan, serat, dan vitamin A & K. Beberapa acar juga mengandung vitamin B, misalnya, kimchi, yang merupakan acar kubis khas Korea, memiliki kandungan vitamin B1, B2, dan B12, dan niasin dua kali lipat dibandingkan acar yang tidak terbuat dari kubis.

Membantu Melancarkan Pencernaan
Makanan yang direndam dengan larutan cuka, seperti acar dikenal memiliki kandungan anti mikroba dan juga dapat membunuh bakteri pada makanan selama diawetkan dengan larutan tersebut.

Manfaat dari peredaman dalam cuka itu sendiri adalah menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus, E. Coli dan Pseudomonas yang berada dalam perut dan makanan. Selain itu, terdapat juga kandungan kalium dalam acar yang berguna untuk mengurangi rasa kram pada perut akibat datang bulan.

Membantu Menyeimbangkan Kebutuhan Elektrolit pada Wanita Hamil
Manfaat acar juga dapat dirasakan oleh wanita hamil karena membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh selama kehamilan karena mengandung natrium dan kalium. Konsumsi acar dapat meningkatkan jumlah cairan dalam tubuh dan menyeimbangkan kebutuhan elektrolit yang
meningkat ketika hamil.

Jadi, acar merupakan makanan yang praktis dan mudah untuk dibuat, namun kaya dengan kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan. Namun, janganlah mengkonsumsinya secara berlebihan ya, karena rasa asam yang terkandung di dalamnya, bisa memicu naiknya asam lambung secara berlebihan.

Diolah dari berbagai sumber di Google.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar