Senin, 13 April 2015

TIPS ALAMI MENGUSIR RAYAP DARI RUMAH




Bunda tentu sering kesal dengan kehadiran rayap di rumah, mahluk yang berukuran kecil ini sering merusak peralatan rumah yang terbuat dari kayu, meski kecil tapi kemampuannya merusak kayu jangan dianggap remeh, sifatnya yang berkoloni dengan jumlah yang cukup banyak membuat hewan ini mampu menghabiskan atau memakan segala jenis kayu yang terdapat pada lemari, kursi, dan kusen pintu atau jendela..

Cara paling mudah untuk mencegah dan mengatasi rayap hampir tanpa biaya dan sederhana, yaitu dengan menggunkan air bekas cucian beras. Saya katakan hampir tanpa biaya karena menggunakan sesuatu yang sering atau pasti tiap hari dibuang begitu saja. Bunda tentunya tiap hari menanak nasi, bukan? Nah, bekas cucian beras tadi siramkan saja ke kayu yang terdapat rayapnya. Cukup efektif, namun perlu diingat Bunda, bahwa ini sifatnya hanya sementara saja, seiring dengan mengeringnya air. Ya, mungkin karena tanpa biaya tadi…hehe..

Sebenarnya ada cara lain, namun dengan mengeluarkan sedikit biaya, seperti menggunakan rendaman air garam dan tembakau, rendaman air tembakau saja, air plus kapur sirih, minyak tanah (harganya sekarang mahal) dan berbau menyengat, serta dengan menggunakan termisida. Termisida saya jadikan pilihan terakhir, karena berpotensi mengganggu kesehatan keluarga kita, meskipun sangat ampuh dalam mengusir rayap. Gunakanlah jika memang dalam kondisi terpaksa.

Semoga bermanfaat, silakan mencoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar