Senin, 13 April 2015

MANFAAT DAUN SELEDRI BAGI KESEHATAN




Seledri yang sering kita masak sebagai pelengkap dan penyedap masakan, ternyata banyak mengandung bahan-bahan yang bermanfaat bagi kesehatan.

Tanaman seledri ini baru diakui sebagai tumbuhan berkhasiat obat secara ilmiah pada tahun 1942. Tanaman ini diyakini mengandung vitamin A, C dan B1. Selain itu, seledri juga mengandung banyak mineral seperti sodium, klorin, potasium (kalium), magnesium, protein, kalsium, garam pspat , asparagine apigenin, kholin, saponin, minyak asiri, senyawa sedatif (phathalide) dan serat. Herba ini bisa dijadikan obat alternatif untuk berbagai jenis penyakit.

Manfaatnya antara lain:

- Baik untuk dinding lambung dan saluran usus.
- Memperlambat proses penuaan(menjaga kemudaan sel)
- Menjaga kelenturan dan aktivitas otot
- Mengobati asma
- Mengobati diabetes
- Membantu melarutkan kalsium dalam tubuh
- Melancarkan aliran darah
- Menetralkan asam tubuh
- Melindungi otak dan sistem saraf
- mengobati arthritis
- Mengobati neuritis
- mengobati rematik
- Menurunkan tekanan darah
- Menjaga berat badan

Cara penggunaannya yaitu: Ambil 3-4 batang seledri (sekitar 30 cm) dicuci bersih, lalu dihaluskan/dijus. Minum setiap hari satu gelas 2-3 jam setalah makan.

Yang perlu diperhatikan adalah:

Karena kandungan seratnya tinggi, serta aromanya agak menyengat, seledri sebaiknya dicincang dan dijus terlebih dahulu, sehingga lebih mudah dicerna dalam tubuh atau dikonsumsi bersama sayur atau buah lainnya. Bagi yang mempunyai lambung sensitif, dapat juga mengakibatkan iritasi. Jika terjadi iritasi, sebaiknya penggunaan dihentikan.

Disarikan dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar