Sabtu, 11 April 2015

CARA MEMBERSIHKAN PERMUKAAN KERAMIK DALAM BAK MANDI




Kamar mandi yang kotor tentu membuat tidak nyaman pemakainya. Semakin lama dibiarkan akan semakin susah untuk dibersihkan. Ada banyak cara membersihkan keramik pada bak mandi. Dari yang memakai bahan khusus untuk pembersih keramik yang dijual dipasaran, pakai amplas air dll.

Ada tips sederhana untuk membersihkan bak mandi yang berlapis keramik. Terutama yang sudah membandel atau sudah tidak mempan dengan amplas ataupun pembersih khusus tadi. Yaitu dengan serbuk yang biasa digunakan untuk menambah rasa asam pada sirup, biasa disebut Citric Acid/Citruun Zuur. Mudah ditemukan di toko sekitar rumah kita dan tentunya murah. Harga eceran perbungkus sekitar Rp.1.500,- (di tempat saya ).

Ada dua cara:

Pertama: Penuhi bak mandi dengan air sampai meluber, kemudian tuangkan satu atau dua bungkus Citruun Zuur (atau tergantung besar bak mandi) lalu aduk-aduk agar rata. Diamkan selama semalam atau kira-kira 5 jam. Buang semua air dan bilas dengan air bersih, bak mandi siap digunakan. Ini tentunya sangat boros air tapi tidak bagi yang tidak ingin repot..hehe..

Kedua: Rebus air dalam panci sampai mendidih lalau masukkan satu bungkus Citruun Zuur (atau tergantung besar bak mandi). Sebelumnya kosongkan (kuras bak mandi) sampai airnya habis, tutup penutup pembuangan bak mandi. Tujuannya agar Citruun Zuur tadi tidak terbuang dan dapat merendam bagian bawah bak mandi. Siramkan rebusan air panas bercampur Ctruun Zuur tadi ke dalam bak mandi. Siram siramkan pada sisi dindingnya juga. Karena masih ada genangan airnya, siramkan lagi setiap kira-kira 5 menit sampai bersih. Setelah bersih, bilas dengan air bersih dan siap digunakan. Cara kedua ini lebih cepat dan hemat air namun agak sedikit repot.

Untuk dinding luarnya memang perlu kesabaran, karena dinding harus selalu dibasahi dengan cairan tadi. Bisa menggunakan spon atau kuas.

Semoga tips sederhana ini berguna, selamat mencoba…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar